Home / LAHAT FOKUS / Mulak Sebingkai / CAMAT MULAK SEBINGKAI LAKUKAN PELETAKAN BATU PERTAMA PEMBUATAN JAMBAN DI DESA TALANG PADANG
IMG-20200723-WA0093

CAMAT MULAK SEBINGKAI LAKUKAN PELETAKAN BATU PERTAMA PEMBUATAN JAMBAN DI DESA TALANG PADANG

Author : Ivi Hamzah

MULAK SEBINGKAI, LhL – Usai melaksanakan penyerahan BLT-DD tahap satu bulan ke-3 secara simbolis di Desa Keban Agung, Camat Mulak Sebingkai Drs. Erlambang, MM, bersama Babinkamtibmas Polsek Mulak Ulu, Babinsa Koramil 405/09/KA, dan staf kantor camat Mulak Sebingkai langsung bertolak ke Desa Talang Padang Kecamatan Mulak Sebingkai Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan, untuk melaksanakan penyerahan BLT-DD tahap satu bulan ke-3 secara simbolis sekaligus melakukan peletakan batu pertama pembangunan jamban. Setibanya di kantor Kepala Desa Talang Padang, Camat dan rombongan langsung disambut oleh Juliansyah (Kades), perangkat desa, BPD, tokoh masyarakat dan anggota penerima manfaat dari BLT-DD.

Juliansyah, Kades Talang Padang dalam laporannya mengatakan, bahwa hari ini Kamis (23/07/2020) terakhir penyerahan BLT-DD tahap satu bulan ke-3 dengan besaran dana Rp.600,000/bulan. Maka dari itu ia berpesan kepada masyarakat yang menerima bantuan agar memanfaatkan dana bantuan sosial ini dengan sebaik-baiknya, karena bantuan dampak Covid-19 ini sifatnya sementara.

“Hari ini terakhir bantuan 600/bulan, untuk selanjutnya belum dapat dipastikan apakah dapat diperpanjang lagi atau tidak,”terangnya.

Masih kata Juli, sesuai dengan hasil Musdes awal, bahwa pembangunan dari dana desa tahun ini dialokasikan untuk pembuatan jamban sebagai prasarana dalam mencapai kehidupan yang sehat. Karena dari 72 KK, baru beberapa rumah yang telah mempunyai jamban sendiri, maka dari itu tahun ini dianggarkan pembuatan jamban sebanyak 35 titik.

“Semoga dengan telah dibuatnya jamban nantinya akan menjadikan kehidupan kita semakin sehat, karena kita tidak jauh-jauh lagi mau BAB/BAK,”ujar suami dari Apriani ini.

Pembuatan jamban yang dilakukan oleh pemerintah Desa Talang Padang ini direspon baik oleh Camat Mulak Sebingkai, pasalnya baru Desa Talang Padang yang telah mengalokasikan dana desa untuk pembuatan jamban. Dikatakan Camat, pentingnya jamban atau tempat Buang Air Besar (BAB) di setiap rumah masing-masing adalah salah satu syarat untuk menjadikan keluarga yang sehat.

“Dengan adanya virus Corona ini kita semakin disadarkan bahwa pentingnya hidup sehat, dengan menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan kita,”ujar mantan kepala SMAN 3 Lahat ini.

Sementara Kapolres Lahat AKBP Irwansyah, SIK, MH, CLA, melalui Kapolsek Mulak Ulu IPTU Romodhon yang disampaikan Kanit Binmas IPDA Tabrani.M, menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan penangkapan ikan dengan menggunakan setrum, potassium, dan alat peledak lainnya yang dapat merusak ekosistem lingkungan.

“Kami sangat tekankan pada masyarakat untuk mematuhi peraturan pemerintah dan tidak melanggarnya, karena apabila melanggar larangan tersebut akan berurusan dengan hukum yang berlaku,”tegas Kanit Binmas.

Selanjutnya Camat Mulak Sebingkai langsung menyerahkan bantuan langsung tunai dana desa secara simbolis kepada masyarakat Desa Talang Padang, dilanjutkan dengan peletakan batu pertama pembangunan jamban yang diikuti Babinkamtibmas, Babinsa dan staf kantor camat Mulak Sebingkai.
Editor : Ron

Check Also

IMG-20200723-WA0071

CAMAT MULAK SEBINGKAI HADIRI PENYERAHAN BLT-DD TAHAP 1 BULAN KE-3 DESA KEBAN AGUNG

Author : Ivi Hamzah MULAK SEBINGKAI , LhL – Bertempat di halaman rumah sekretaris Desa …

error: Content is protected !!