Home / Umum / FIRDAUS KOMAR DIDAULAT SEBAGAI NARASUMBER WABINAR NASIONAL

FIRDAUS KOMAR DIDAULAT SEBAGAI NARASUMBER WABINAR NASIONAL

Firdaus Komar : Media Harus Menciptakan Konten Menarik yang Dibutuhkan Publik

Author : PWI

PALEMBANG, LhL – Lembaga Pers Mahasiswa Gelora Sriwijaya Universitas Sriwijaya (LPM GS Unsri), Ikatan Alumni (IKA) LPM GS, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), dan Komunitas Mobile Journalism (MOJO) Palembang menyelenggarakan Webinar Nasional dengan bertemakan “Peluang dan Tantangan Industri Media di Tengah Tatanan Kenormalan Baru”, melalui Zoom Meeting. Webinar Nasional ini dimulai pukul 10.00 sd 11.30 WIB, yang diikuti lebih dari 50 peserta dari berbagai kalangan.

Webinar nasional ini menghadirkan Ketua PWI Sumatera Selatan H.Firdaus Komar,SP MSi bersama 3 narasumber yang lain yakni Andra Lesmana Produser dan Presenter Berita Satu TV, Firdaus Ketua Umum Serikat Media Siber Indonesia (SMSI dan Muzhar Apandi ketua MOJO Palembang.

Webinar berlangsung kurang lebih 1 jam 11menit, Andra Lesmana Produser dan Presenter Berita Satu TV menjelaskan bahwa kita semua terkena dampak termasuk orang-orang yang ada dimedia, tantangan yang paling sulit adalah ketika harus mencari informasi langsung kelapangan dimana dalam kondisi saat ini bisa saja tertular Covid-19, karena ada beberapa teman media yang juga terkena Covid-19, peluangnya lebih ke individu masing-masing ketika kita banyak bekerja dirumah justru media sosial seperti youtube dan instagram menjadi peluang pekerjaan baru dan tentunya harus ada ide kreatif dan inovatif.

Baca Juga  DIDUGA CURI MOTOR, FIRMAN NYARIS TEWAS DIHAJAR MASSA

Dilanjutkan Firdaus Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), mengatakan bahwa Sesungguhnya ketika berbicara jurnalis dan bicara bisnis medianya terdapat plus minus. Seperti media elektronik dan siber, biaya produksinya rendah tetapi pendapatan iklannya meningkat dan pemirsanya meningkat karena orang-orang beralih menggunakan televisi atau gadget. Untuk media kita harus menjaga kualitas jurnalistik, karena media produknya adalah produk jurnalistik, di era new normal media online jadi primadona. Ketika berbicara industri media bagaimana kita tidak meninggalkan pendoman bisnis media, dan mengkombinasi media tradisioal ke teknologi, serta mengoptimlakan media sosoial.

Bagaiman pengolaan media itu memanfaatkan kanal informasi dan menciptakan konten yang bisa memenehui kebutuhan publik atau lebih lengkap, pada saat kita punya peluang maka tantangannya kita harus bersaing dengan media lain, hal ini dijabarkan oleh Firdaus Komar Ketua PWI Sumsel, ia juga menambahkan pelaku media harus bisa eksis dengan membuat konten yang menarik, apapun perubahannya atau apapun kanalnya media tetap dibutuhkan dengan mengacu pada pers sebagaia media informasi, pendidikan, hiburan, kontrol sosial dan lemabaga ekonomi.

Baca Juga  NGAGHAPKAH NAK WARI NCALON GUBERNUR

Selanjutnya, narasumber terakhir yakni Muzhar Apandi selaku ketua komunitas MOJO Palembang, mengatakan bahwasanya MOJO diciptakan dengan dalil bahwa siapapun bisa menjadi seorang jurnalis, sebab di zaman yang semakin canggih ini untuk menjadi seorang jurnalis tidak harus memiliki kamera khusus, tetapi dengan menggunakan handphone pun sekarang kita sudah dapat merekam video dengan kualitas cukup memadai. Sehingga, proses reportasi pun dapat dilakukan dengan mudah.
Di Indonesia kasus Covid-19 ini sangat mengkhawatirkan, maka dari itu segala bentuk aktivitas dipindahkan menjadi online, mau tidak mau media harus mampu membuat konten yang menarik dan juga menyediakan infromasi yang tentunya menggunakan data yang faktual.

Maka dari itu, kesimpulan dari Webinar Nasional yakni kuasai teknologi, konten yang berkualitas, wartawan akan tetap hidup, berfikir positif, amati tiru dan modifikasi, kualitas data biar tidak hoak dan uji kompetensi wartawan. Saat media ini butuh banyak iklan tapi tidak hanya itu saja, dengan membuat event yang bisa memberikan informasi sekaligus promosi. Media sosial harus diikut sertakan atau digabungkan dengan media mainstream seperti koran, majalah dll. 

Editor : Ron

Check Also

Ketua PWI Muba, Terpilih Menjadi Ketua PWI Sumsel

Author : Ujang PALEMBANG, LhL – Ketua PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) …

SMM Panel

APK

Jasa SEO