Home / LAHAT FOKUS / Mulak Sebingkai / PUTUS MATARANTAI COVID-19, KADES KEBAN AGUNG MINTA WARGA PATUHI IMBAUAN PEMERINTAH
IMG-20200618-WA0069

PUTUS MATARANTAI COVID-19, KADES KEBAN AGUNG MINTA WARGA PATUHI IMBAUAN PEMERINTAH

Author : Hermis Aming

MULAK SEBINGKAI, LhL – Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap dua Desa Keban Agung hari ini Kamis (18/06/2020) kembali diserahkan kepada pada masyarakat. BLT-DD sebagai dana bantuan sosial dampak terhadap virus Corona dengan besaran Rp.600,000/bulan ini memang sudah dinantikan oleh keluarga penerima manfaat. Penyerahan BLT-DD Desa Keban Agung tahap 2 yang bertempat di lokasi banjir kemarin ini dihadiri langsung Camat Mulak Sebingkai Drs.Erlambang, MM, Babinsa Koramil 405/09/KA, Kanit Binmas Polsek Mulak Ulu, Perangkat desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Pendamping Desa, (PD), dan KPM BLT-DD. Penyerahan BLT-DD tahap 2 Desa Keban Agung ini sekaligus melaksanakan Titik 0 pembangunan tembok penahan tanah dengan menggunakan Bronjong sepanjang 100 meter.

IMG-20200618-WA0070

Pernyataan ini disampaikan Gunawan selaku Penjabat sementara Kepala Desa Keban Agung. Dalam laporannya Gunawan mengatakan, bahwa jumlah seluruh Kepala Keluarga Desa Jadian Baru berjumlah 294 KK, dan yang menerima hasil Musyawarah Desa Khusus BLT-DD sebanyak 32 KK. Maka dari itu penyerahan BLT-DD ini tidak seluruhnya KK menerima bantuan, karena bantuan sosial ini mempunyai kriteria yang tidak boleh dapat yaitu, Kepala desa, Perangkat desa, BPD, PNS, penerima KKS, BST, PKH, BPNT, pensiunan, dan pekerja yang berpenghasilan bulanan/mampu. Oleh sebab itu ia sebagai pemerintah desa penting hal ini disampaikan kepada masyarakat dalam pendistribusian BLT-DD agar masyarakat memahami dalam penyerahan atau pendistribusian BLT-DD ini. Dikesempatan ini juga Gunawan menjelaskan bahwa, hari ini dilakukan pengukuran titik 0 pembangunan tembok penahan tanah yang akan dibangun di pinggiran sungai air mulak.

“Penting kita anggarkan untuk TPT DD ini, karena semenjak terkena banjir kemarin pengikisan tanah semakin melebar di lokasi banjir ini,”terangnya.

Masih kata Kades, penyerahan BLT-DD ini secara simbolis dilaksanakan di disini dan selanjutnya dihantarkan langsung ke rumah masing-masing penerima manfaat. Gunawan juga menghimbau kepada masyarakat agar tetap mematuhi peraturan pemerintah dalam memutus mata rantai peredaran Covid-19, dengan tetap menjaga kebersihan dan kesehatan, dan tetap memakai masker disaat ada perkumpulan.

“Kami harap pada masyarakat agar tetap mematuhi anjuran pemerintah memakai masker saat melakukan aktifitas diluar rumah”tambahnya.

Drs. Erlambang, MM, Camat Mulak Sebingkai, merespon baik penyerahan BLT-DD yang dilaksanakan pemerintah desa Keban Agung ini, karena selain penyerahan BLT-DD juga dapat melaksanakan pengukuran untuk pembangunan tembok penahan tanah di pinggir sungai air mulak.

Pendistribusian BLT-DD dampak Covid-19 melalui pemerintah desa inj, sebagai bentuk kepedulian pemerintah pusat terhadap masyarakat yang terdampak virus Corona. Maka dari itu ia berharap pada penerima BLT-DD untuk mempergunakan dana bantuan sosial ini dengan sebaik-baiknya, untuk kebutuhan dalam rumah tangga. Dalam hal ini juga, Lambang menjelaskan pada masyarakat, bahwa saat ini sudah memasuki New Normal, akan tetapi tetap mentaati peraturan pemerintah dalam memutus mata rantai Covid-19 ini.

“Kita harus tetap mentaati anjuran protokol gugus tugas dengan menjaga kebersihan dan kesehatan tetap memakai masker saat aktifitas di luar rumah,” harapnya.

Selanjutnya langsung penyerahan BLT-DD ke masyarakat secara simbolis, yang diawali penyerahan oleh Camat, dilanjutkan dari Polsek Mulak Ulu dan Kades. Usai penyerahan secara simbolis BLT-DD ke masyarakat, Pendamping Desa (PD) beserta Kades dan perangkat desa langsung melakukan pengukuran Titik 0, dan disaksikan langsung oleh Drs. Erlambang, MM, Camat Mulak Sebingkai.

Terpantau selama pemerintah desa menyerahkan BLT-DD ke penerima manfaat di rumah masing-masing, tampak berjalan lancar.
Editor : Ron

Check Also

IMG-20200723-WA0071

CAMAT MULAK SEBINGKAI HADIRI PENYERAHAN BLT-DD TAHAP 1 BULAN KE-3 DESA KEBAN AGUNG

Author : Ivi Hamzah MULAK SEBINGKAI , LhL – Bertempat di halaman rumah sekretaris Desa …

error: Content is protected !!