Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Mulak Ulu / 22 KPM DARI BLT-DD TEBING TINGGI DISERAHKAN LANGSUNG KE MASYARAKAT

22 KPM DARI BLT-DD TEBING TINGGI DISERAHKAN LANGSUNG KE MASYARAKAT

Author : Ivi Hamza

MULAK ULU, LhL – Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) yang digelontorkan pemerintah pusat melalui pemerintah desa sebagai dana bantuan sosial dampak terhadap virus Corona yang saat ini sedang melanda Indonesia. Maka hari ini Sabtu (29-05-2020) pemerintah Desa Tebing Tinggi Kecamatan Mulak Ulu, Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan, BLT-DD diserahkan ke masyarakat. Penyerahan BLT-DD Desa Tebing Tinggi yang bertempat di gedung PAUD ini, dihadiri langsung Forkopimcam Mulak Ulu, Perangkat desa, Badan Permusyawaratan Desa, Pendamping Desa, (PD) LPM, LPA, dan KPM BLT-DD.

Kepala Desa Tebing Tinggi Maryudi Rahmat dalam laporannya mengatakan, bahwa jumlah seluruh Kepala Keluarga Desa Tebing Tinggi berjumlah 89 KK, dan yang menerima hasil Musyawarah Desa Khusus BLT-DD 22 KK. Maka dari itu penyerahan BLT-DD tidak seluruhnya masyarakat menerima bantuan, karena bantuan sosial ini mempunyai kriteria yang tidak boleh dapat yaitu, Kepala desa, Perangkat desa, BPD, PNS, penerima KKS, BST, PKH, BPNT, dan pekerja yang berpenghasilan bulanan/mampu. Oleh sebab itu ia sebagai pemerintah desa penting hal ini disampaikan kepada masyarakat dalam pendistribusian BLT-DD agar masyarakat memahami dalam penyerahan atau pendistribusian BLT-DD ini. Dikesempatan ini, Yudi menerangkan pada masyarakat, bahwa ia sengaja membagikan dana BLT-DD hari ini, apabila sudah dibagikan sebelum lebaran kemarin takut dana tersebut tidak dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan saat ini. Karena dana bantuan ini sebagai dana dampak merebaknya wabah virus Corona.

Baca Juga  SOAL ADD, WASRIANTO TERBUKA PADA MASYARAKAT

“Oleh sebab itu, manfaatkanlah bantuan pemerintah ini dengan sebaik-baiknya, dan bantuan ini baru bisa kami serahkan untuk satu bulan dan selanjutnya akan kami serahkan kembali,”ujarnya.

Masih kata Kades, penyerahan BLT-DD ini secara keseluruhan dilaksanakan di gedung PAUD hari ini, karena penerima manfaat dari BLT-DD ini tidak banyak. Yudi sapaan akrabnya menghimbau kepada masyarakat agar tetap mematuhi peraturan pemerintah dalam memutus mata rantai peredaran Covid-19, dengan tetap menjaga kebersihan dan kesehatan, tidak melakukan perkumpulan dan perjalanan ke tempat-tempat keramaian.

“Kami harap pada masyarakat agar tetap mematuhi anjuran pemerintah memakai masker saat melakukan aktifitas diluar rumah”tambahnya.

Hal senada juga disampaikan Sumarno SE, M.Si, Camat Mulak Ulu, melalui Omiati Kasi Ekobang kantor camat Mulak Ulu, Bahwa bantuan pemerintah melalui BLT-DD adalah dana dampak virus Corona. Pendistribusian BLT-DD dampak Covid-19 ini melalui pemerintah desa, sebagai bentuk kepedulian pemerintah pusat terhadap masyarakat yang terdampak virus Corona. Maka dari itu pergunakanlah dana bantuan sosial ini dengan sebaik-baiknya untuk kebutuhan dalam rumah tangga. Dalam hal ini juga, Omi menekankan pada masyarakat, apabila masyarakat tidak mentaati peraturan pemerintah dalam memutus mata rantai Covid-19 ini, maka virus Corona akan semakin lama dalam pembasmiannya dan ekonomi Indonesia akan semakin lumpuh.

“Karena kita tidak tau sampai kapan berakhirnya virus Corona ini, oleh sebab itu kita harus mentaati anjuran protokol gugus tugas dengan menjaga kebersihan dan kesehatan tetap memakai masker saat aktifitas di luar rumah,” harapnya.

Baca Juga  WAKIL BUPATI LAHAT SAFARI JUMAT DI DESA GERAMAT

Kapolsek Mulak Ulu, Iptu Romodhon, melalui Kanit Binmas IPDA Tabrani yang hadir dalam penyerahan BLT-DD tersebut juga menegaskan pada masyarakat, bahwa dana bantuan pemerintah ini sebagai bantuan pemerintah bagi masyarakat yang terdampak virus Corona. Maka dari itu ia berharap pada masyarakat agar memanfaatkan bantuan pemerintah pusat ini dengan sebaik-baiknya.

“Tetap Ikuti anjuran protokol gugus tugas agar kita selalu menjaga kebersihan dan kesehatan, tidak melakukan perkumpulan dan perjalanan ke tempat-tempat keramaian. Kita terus berdoa semoga wabah virus Corona ini cepat berakhir,” harapnya.

Tak lupa Danramil 045/09/KA Kapten Inf, Ferryson, bahwa bantuan pemerintah melalui BLT-DD sebagai bantuan dana dampak wabah virus Corona. Maka dari itu, ia berharap agar keluarga penerima manfaat dari BLT tidak membelanjakan uangnya diluar kebutuhan pokok dalam rumah tangga.

“Kita sama-sama berdoa semoga virus Corona ini cepat selesai dan kita dapat beraktifitas lagi seperti semula,” tandasnya.

Penyerahan BLT-DD oleh pemerintah desa ini Tebing Tinggi ini disambut baik oleh seluruh KPM. Seperti yang diungkapkan oleh Ibu Mariani salah satu penerima manfaat BLT-DD, ia mengungkapkan terimakasih pada pemerintah yang telah memberikan bantuan pada masyarakat. Dengan adanya BLT-DD ini, ia sangat terbantu.

“Bantuan ini sangat bermanfaat bagi kami, sekali lagi kami mengucapkan terima kasih,”ucapannya.

Editor : Ron

Check Also

Sepakat Nyatakan Dukungan, Yulius Maulana “Mantab” Calon Bupati Lahat 2024-2029

Author : Ujang LAHAT, LhL – Adanya sosialisasi melalui mulut ke mulut dan tebaran baliho …

SMM Panel

APK

Jasa SEO