Home / LAHAT FOKUS / Kota Agung / SIMBOLIS LAUNCHING BLT DD DI TIGA KECAMATAN DILAKSANAKAN DI DESA SINGAPURE KOTA AGUNG
IMG-20200519-WA0065

SIMBOLIS LAUNCHING BLT DD DI TIGA KECAMATAN DILAKSANAKAN DI DESA SINGAPURE KOTA AGUNG

Author : Ivi Hamzah

KOTA AGUNG, LhL – Bantuan Langsung Tunai BLT Dana Desa yang telah dinantikan masyarakat, semenjak adanya instruksi pemerintah bahwa dalam penanggulangan covid-19 masyarakat yang terdampak covid-19 diberikan bantuan dana dampak covid-19 selama tiga bulan dengan besaran dana Rp 600,000;/bulan. Sehubungan dengan pendistribusian BLT-DD, maka hari ini Selasa (19-05-2020) bertempat di Desa Singapure Kecamatan Kota Agung Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan, dilakukan penyerahan BLT-DD yang didampingi langsung oleh Tim auditor dari inspektorat Kabupaten Lahat. Launching BLT Dana Desa ini dihadiri Aria Pulun SE MM, Camat Tanjung Tebat, Sumarno SE MSI, Camat Mulak Ulu, Marsi Camat Kota Agung, Anggota Polsek Kota Agung, Koramil 405/09/KA, Seluruh Kades Se-kecamatan Kota Agung, Pendamping Desa, dan perwakilan Penerima BLT DD.

Kepala Desa Singapure Arsito Hasan, dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada tim monitoring dari inspektorat, dan seluruh undangan. Sehubungan hari ini BLT-DD untuk tiga kecamatan secara resmi di bagikan, oleh sebab itu ia melaporkan pada inspektorat bila ada kesalahan data dan administrasi lainnya ia mewakili seluruh kepala desa mengucapkan permohonan maaf. Karena secara geografis untuk Desa Singapure mempunyai beberapa dusun yang terpencil, oleh sebab itu seluruh data belum terdata dengan sempurna.

“Pembagian BLT-DD untuk wilayah kota agung secara keseluruhan belum dapat membagikan, karena ada 11 desa lagi yang belum pencairan, tapi kita berharap secepatnya dari 11 desa ini terealisasi, agar tidak ada polemik di masyarakat,” terang Ketua Forum Kades Kota Agung ini.

Sementara itu tim auditor dari inspektorat Kabupaten Lahat yang diketuai Ikhsan SIP, MM, mengatakan, bahwa inspektorat harus memeriksa seluruh data yang berbentuk bansos agar tidak tumpang tindih dengan beberapa bansos lainnya. Maka dari itu Kades harus melampirkan hasil Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) tentang data penerima BLT DD yang telah disepakati oleh BPD.

“Penting auditor ini kami lakukan agar administrasi keuangan khususnya BLT-DD tidak ada kerugian negara,”terangnya.

Mulai hari ini lanjut Iksan, bagi desa di tiga kecamatan yakni kecamatan Kota Agung, Mulak Ulu, Tanjung Tebat sudah bisa mendistribusikan BLT-DD ke masyarakat, dan bagi desa yang belum dapat mencairkan dananya, secepatnya dilakukan penyelesaian administrasi yang mungkin belum selesai.

“Dengan mengucap bismillah secara resmi saya nyatakan bahwa pendistribusian BLT DD ke masyarakat telah bisa dilaksanakan,” ucapnya membuka launching BLT Dana Desa.

Ketua tim auditor inspektorat langsung menyerahkan BLT-DD secara simbolis, dilanjutkan oleh Arsito Hasan (Kades), Marsi Camat Kota Agung, Kapolsek Kota Agung. Usai penyerahan secara simbolis dilanjutkan pendistribusian BLT DD di masing-masing desa. Untuk Kecamatan Kota Agung, pendistribusian BLT DD hari ini yakni Desa Singapure, Bangka, Tebat Langsat, Gunung Liwat, Tanjung Raman, Kebun Jati.

Terpantau selama pendistribusian BLT DD berlangsung, dikawal ketat oleh anggota Polsek dan anggota Koramil Kota Agung.

Editor : Ron

Check Also

IMG-20200514-WA0070

WABUB SERAHKAN BST KEPADA KELUARGA PENERIMA MANFAAT KPM

Author : Tim KOTA AGUNG, LhL – Kementerian Sosial mencairkan Dana Bantuan Sosial Tunai (BST) …

error: Content is protected !!