Home / LAHAT FOKUS / Mulak Sebingkai / CAMAT MULAK SEBINGKAI SERAHKAN BLT DANA DESA KE MASYARAKAT
IMG-20200513-WA0029

CAMAT MULAK SEBINGKAI SERAHKAN BLT DANA DESA KE MASYARAKAT

Author : Ivi Hamzah

MULAK SEBINGKAI, LhL – Untuk Penanggulangan peredaran covid-19, selain memutus rantai peredaran covid-19 dengan cara tidak melakukan perjalanan ke tempat-tempat keramaian dan perkumpulan, menjaga jarak dan tetap tinggal di rumah. Pemerintah juga menganggarkan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat dengan besaran Rp.600,000. per Kepala Keluarga sebagai dana dampak covid-19.

Seperti yang terjadi hari ini Rabu (13-05-2020) Desa Danau Belidang Kecamatan Mulak Sebingkai, Kabupaten Lahat, Propinsi Sumatera Selatan, setelah melalui pendataan penerima BLT dan hasil rapat BPD Danau Belidang, maka hari ini Bantuan Langsung Tunai Dana Desa tersebut mulai diberikan kepada masyarakat.

Kepala Desa Danau Belidang, Wasrianto dalam sambutannya mengatakan bahwa pembagian BLT Dana Desa hari ini, berkat hasil pendataan tim yang diluar penerima manfaat lainnya, yaitu dengan jumlah 83 KK penerima BLT dari jumlah total KK 130. Yang tidak menerima BLT Dana Desa Danau Belidang yaitu penerima BPNT 8. penerima PKH 32. PNS 1, Pemerintah desa 11orang.

“Nah bagi masyarakat yang tidak mendapatkan BLT Dana Desa hari ini mungkin sudah masuk dalam kategori penerima manfaat lainnya tersebut,”ungkap Kades tiga periode ini.

Masih kata Kades, Sistem pemberian BLT Dana Desa ini tidak dapat diwakilkan oleh penerimanya, sesuai dengan yang ada dalam Kartu Keluarga.

“Pembagian BLT hari ini untuk jatah satu bulan dulu, nanti abis lebaran dilaksanakan pembagian kembali,”terangnya.

Hal senada juga disampaikan Camat Mulak Sebingkai, Drs. Erlambang, MM, bahwa pembagian BLT Dana Desa ini sebagai dana dampak dari wabah virus Corona dengan jumlah Rp.600,000, /bulan selama tiga bulan. Oleh sebab itu ia berharap pada penerima BLT agar memanfaatkan dana tersebut dengan sebaik-baiknya, karena berakhirnya virus ini belum dapat dipastikan selesainya.

“Alhamdulillah desa kita ini mewakili kecamatan mulak sebingkai menjadi yang pertama untuk pembagian dana BLT,”terangnya.

Dalam pembagian dana BLT ini tak lupa juga camat berpesan pada masyarakat agar tetap mematuhi peraturan pemerintah yang tidak melakukan perjalanan ke tempat-tempat keramaian dan melakukan perkumpulan dan menjaga kebersihan.

“Jaga jarak dan tetap memakai masker saat melakukan aktifitas diluar rumah agar kita tidak terhindar dari virus covid-19 ini,”harapnya.

Selanjutnya camat langsung menyerahkan dana BLT kepada penerima secara simbolis, diteruskan oleh Wasrianto Kades Danau Belidang, kepolisian dan Koramil.

Pendistribusian BLT Dana Desa ini disambut baik oleh masyarakat, pasalnya pendistribusian BLT ini sudah lama dinantikan masyarakat sejak adanya instruksi dari pemerintah tentang dana dampak covid-19. Seperti yang diungkapkan Siswanto salah satu penerima BLT mengatakan ia sangat berterimakasih dana BLT sudah dibagikan secepatnya oleh pemerintah desa.

“Alhamdulillah kita sudah menerima BLT, karena sebentar lagi mau lebaran cukuplah untuk belanja sembako,”ungkapnya.

Tampak hadir dalam pembagian BLT Dana Desa ini, Camat Mulak Sebingkai, Koramil 405/09/KA. Polsek Mulak Ulu, Petugas Puskemas Muara Tiga, Tenaga Ahli desa, Pendamping Desa.

Terpantau selama pembagian BLT Dana Desa berlangsung situasi aman dan kondusif. Usai menyerahkan dana BLT ke masyarakat Desa Danau Belidang, tim Forkopimcam langsung melakukan monitoring pembangunan jalan setapak di areal persawahan Desa Danau Belidang.

Editor : Ron

Check Also

IMG-20200723-WA0093

CAMAT MULAK SEBINGKAI LAKUKAN PELETAKAN BATU PERTAMA PEMBUATAN JAMBAN DI DESA TALANG PADANG

Author : Ivi Hamzah MULAK SEBINGKAI, LhL – Usai melaksanakan penyerahan BLT-DD tahap satu bulan …

error: Content is protected !!