Home / MUARA ENIM / DIDUGA PENDATAAN PENERIMA PKH DAN BPNT AMBHURADUR

DIDUGA PENDATAAN PENERIMA PKH DAN BPNT AMBHURADUR

Author : Alan
MUARAENIM, LhL – Diduga akibat salah sasaran yang seharusnya dapat bantuan kini terlantar, banyaknya hasil survey dari tim gugus dalam pendataan warga Ujanmas Baru yang seharusnya menerima bantuan, PKH, dan BPNT, 
Kepala Desa (Kades) Desa Ujanmas Baru Samsir, menjelaskan kepada insan pers saat di sambangi di kantornya, mengatakan  data yang di ambil selama ini  tidak akurat karena diwaktu pendataan tidak melibatkan Kepala Desa maupun tim desa lainya. 
“Timbulnya data calon penerima Blt dd, sebayak 190 orang, dari hasil survey tim gugus covid 19, baru kita tau bawa penerima PKH dan BPNT, salah sasaran, dari jumlah 1.800 KK yang menerima PKH ,174 KK ,di Desa Ujanmas Baru.
Dan penerima PKH ,dari sejak pendataan tidak pernah berubah bahkan bertambah, 36 orang, di tahun 2020, intinya penerima PKH, bisa dikatakan permanen, ” jelasnya.
Kades Samsir menambahkan lagi Harapan kedepannya hal seperti ini jangan sampai terjadi lagi, karena tidak tutup kemungkinan kalo bantuan salah sasaran pasti yang pertama disalahkan oleh masyarakat adalah pemerintah Desa (kades).
“Saya selaku Kepala Desa Ujanmas Baru, kalo bisa pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten, kalau ada program bantuan kepada masyarakat lebih pas audit datanya di Pemerintah Desa dilibatkan, karena kami lebih tau tolak ukur ekonomi masyarakat, bukan orang Pusat, Kabupaten, maupun Provinsi, ” tambahnya.
Sementara keterangan lain yang di dapat dari salah satu Angota DPRD Kabupaten Muara Enim, Suprianto, atau yang akrap di panggil Cip saat mendatangi Kantor Dinas Sosial Kabupaten Muara Enim, banyak terjadi keluhan masyarakat yang memerima program Pemerintah seperti  Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT),  Program Keluarga Harapan (PKH), bantuan Langsung Tunai ( BLT) dan sebagainya, tidak tepat sasaran. Jadi terbalik. 
“Yang seharusnya berhak mendapatkan program Pemerintah tersebut mala tidak dapat, sebaliknya yang tidak layak mendapatkan mala terus dapat, ini karena Dinsos Muara Enim masih terus menggunakan Data lama, disinyalir data tahun 2011, ” Jelasnya.
Disampaikannya lagi, Data keadaan masyarakat itu harus selalu update setiap tahun karena keadaan, itu tugas Dinas Sosial, Jangan pakai data tembak diatas kuda. Karena keadaan Masyarakat itu setiap tahun pasti berubah. Misalnya ada warga yang sudah meninggal, ada warga yang sebelumnya hidup layak namun karena musibah jadi miskin, atau ada warga yang sebelumnya miskin namun karena dapat rezeki ganti rugi jadi kaya.dan sebagainya.
”Jadi kalau Dinas Sosial Kabupaten Muara Enim masih bertahan dengan data lama, yang mendapatkan program Pemerintah dari tahun ke tahun hanya warga yang itu- itu saja, tidak ada perubahan, makan turun naiknya angka kemiskinan di Kabupaten Muaraenim ini kita tidak tau. Jadi kinerja Dinas Sosial Kabupaten Muara Enim yang ambaradul ini akan kita bawa dalam rapat komisi secepatnya, ” tegasnya.
Sementara dari Dinas Sosial, Andi Hartono, mengucapkan terima kasih atas kunjungan salah satu Anggota Dewan dan rekan” media dan ormas yang sudah mau mengingatkan.
“Kami disini, dan insyallah kami akan coba perbaiki dan akan lebih serius lagi menangani permasalahan ini, “ujarnya.
Editor : Ron
Baca Juga :  TIGA TAMAN PENDIDIKAN QURAN MENGADAKAN WISUDA DI MASJID DARUSALAM TANJUNG RAJA

Check Also

KEPALA BPS MENYERAHKAN PENGHARGAAN KEPADA PLT BUPATI MUARA ENIM

Author : Alan MUARA ENIM, LhL – Pemerintah Kabupaten Muara Enim menerima penghargaan dari Badan …

error: Content is protected !!