Home / LAHAT FOKUS / COVID-19 : 1 PDP TERKONFIRMASI POSITIF, MASYARAKAT DIHARAP TIDAK PANIK
covid

COVID-19 : 1 PDP TERKONFIRMASI POSITIF, MASYARAKAT DIHARAP TIDAK PANIK

Author : Ujang

LAHAT, LhL – Ketua Gugus Tugas Covid-19, Cik Ujang, SH yang juga Bupati Lahat didampingi Kadinkes Lahat, Ponco Wibowo, SKM, MM melalui Juru Bicara (Jubir)nya, Taufik Maryansah Putra, SKM, MM, hari ini Jumat (24/4/2020) merelease data Penanganan Percepatan Pencegahan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang ada di Kabupaten Lahat.

“Ya, memang benar ada 2 DPD di Lahat. Dan ada 1 PDP yang berstatus Positif Covid-19”, katanya mengegaskan.

Dikatakannya, status tersebut diterima pihak Gugus Tugas, setelah mendapat konfirmasi hasil Swab yang telah diperiksa oleh  tim ahli di Palembang.

“Jadi pemeriksaan itu melalui beberapa tahapan, termasuk yang terakhir adalah Swab. Nah hasilnya, adalah Positif”, sebutnya, saat merelease data di aulah Kantor Dinkes Lahat.

Ditanya mengenai penanganan tracking terhadap keluarga dan kerabat pasien, Taufik mengaku pihaknya telah melakukan langkah dengan menggali rekam kontak pasien sebelum ia dinyatakan Postitif Covid-19.

“Sudah.., untuk pasien dari Jarai sudah kita lakukan langkah-langkah trackingnya. Untuk kasus yang di Kikim Barat, walaupun hasil Swabnya belum keluar, tapi juga sudah kita lakukan karantina terhadap anggota keluarga serta orang-orang dekat yang sempat kontak erat dengan si pasien tersebut, sembari menunggu hasil Swabnya keluar”, urai dia.

Tentang kabar ini, tambah Taufik, memang sebuah cerita yang sangat memukul mental setiap masyarakat Kabupaten Lahat, khususnya di kecamatan terdekat dengan tempat tinggal korban. Akan tetapi ia mengingatkan, supaya masyarakat tidak perlu cemas, panik dan saling menyalahkan antara sesama warga. Sebab semua langkah percepatan penganganannya sudah dilakukan oleh Gugus Tugas.

“Penanganannya sudah sesuai dengan protokol dan SOP kesehatan. Mulai dari pemeriksaan awal, penanganan pasien hingga ke pemakamannya (Jika ada yang meninggal) ditangani menurut aturan yang ada, agar yang lain tidak tertular. Jadi kami minta masyarakat tenang, dan patuhi aturan yang disampaikan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Kita sering-sering berdoa supaya kita semua terhindar dari musibah corona”, tutupnya, memastikan.

Editor : RON

Check Also

IMG-20200729-WA0046

KONFIRMASI POSITIF COVID-19 NAMBAH LAGI, 2 DALAM PROSES 20 SEMBUH

Author : Ujang LAHAT, LhL – Jika kemarin kondisi pandemi Covid-19 atau Corona Virus di …

error: Content is protected !!