Home / LAHAT FOKUS / Kota Agung / MASIH DITUTUPNYA KALANGAN KOTA AGUNG INI KATA KADES
IMG-20200420-WA0103

MASIH DITUTUPNYA KALANGAN KOTA AGUNG INI KATA KADES

Author : Ivi Hamzah

KOTA AGUNG, LhL – Dalam memutus rantai peredaran Corona atau covid-19, Pasar tradisional (Kalangan) di Desa Kota Agung masih tetap dilakukan penutupan sampai batas waktu yang belum ditentukan. Seperti hari ini Senin (20-04-2020) kalangan yang bertempat di Desa Kota Agung Kecamatan Kota Agung Kabupaten Lahat Propinsi Sumatera Selatan masih tetap tutup, meski sudah dilakukan himbauan oleh Pemkab Lahat dalam surat edaran Sekretaris Daerah Lahat Januarsah, SH, MM, pada tanggal (08-04-2020). Dalam himbauan Sekda tersebut meminta kepada seluruh camat untuk membuka kembali pasar rakyat dengan berkoordinasi kepada Kepala Desa dan pengelola pasar untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat.

Namun pengoperasian pasar rakyat (Kalangan) ini tidak berlaku di Desa Kota Agung, karena Desa Kota Agung memberlakukan sistem operasi pasar tiap hari. Tidak dibukanya kalangan di Kota Agung ini dikeluhkan para pedagang yang telah tiba sejak pagi hari untuk menggelar dagangannya. Begitu juga sebaliknya, masyarakat yang akan berbelanja harus kecewa karena semua para pedagang tidak diperbolehkan oleh petugas menggelar dagangannya.

Kepala Desa Kota Agung, Selvis saat dikonfirmasi awak media dirumahnya prihal tidak dibukanya kalangan ini menjelaskan bahwa, ia bukan tidak mematuhi peraturan atau himbauan yang telah diedarkan Sekda Lahat untuk mengoperasikan kembali pasar rakyat atau kalangan. Karena, di Desa Kota Agung pasar rakyat itu telah dibuka tiap hari, oleh sebab itu kalangan Kota Agung tetap ditutup.

“Semua kebutuhan pokok masyarakat itu sudah ada di kota agung, meski kita tidak mengoperasikan kalangan. Jadi buat apa kita operasikan kalangan kalau semua warung menyediakan kebutuhan pokok,”jelasnya.

Tidak dibukanya kalangan ini lanjut Selvis (Kades), berdasarkan hasil rapat dan keputusan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) untuk belum membuka kembali kalangan sampai batas waktu yang tidak ditentukan, sampai virus covid-19 betul-betul dinyatakan aman oleh pemerintah. Andai ada pedagang yang dari luar Kecamatan Kota Agung atau Kabupaten, pihaknya mempersilahkan untuk berjualan namun tetap di hari biasa bukan waktu jadwal kalangan.

“Kalau hari biasa kita memantau para pedagang mudah, dan orang belanja pun tidak berkerumun. Percuma kita melarang orang hajatan namun kalangan tetap dibuka, kan para pedagang itu kita tidak tau apa mereka dari zona merah atau bukan,”tegas kakak ipar Baktiansyah Anggota DPRD ini.

Editor : Ron

Check Also

IMG-20200517-WA0021

ANTISIPASI PENYEBARAN COVID-19, POSKO KOTA AGUNG TERUS DIJAGA

Author : Hendriadi KOTA AGUNG, LhL – Relawan yang tergabung dalam Posko kecamatan tanggap Covid-19 …

error: Content is protected !!