Home / LAHAT FOKUS / Lahat Kota / WABUP PIMPIN RAPAT FORKOMPINDA BAHAS PENANGANAN COVID 19
IMG-20200407-WA0128

WABUP PIMPIN RAPAT FORKOMPINDA BAHAS PENANGANAN COVID 19

Author : Ganda Coy
LAHAT, LhL – Wakil Bupati Lahat H Haryanto SE MM memimpin rapat koordinasi Forum Komunikasi Perangkat Daerah (Forkopimda) Kabupaten Lahat, dalam rangka pembahasan sosial berskala besar dalam rangka percepatan penanganan Covid 19, di Oproom Pemkab Lahat. Selasa (7/4). 
Dalam arahan H Haryanto menyampaikan, bahwa dalam arahan World Health Organization (WHO), seluruh masyarakat dianjurkan memakai masker baik sehat ataupun sakit bagi yang keluar rumah.
“Disamping itu bagi warga pendatang yang keluar dari zono merah, harus di isolasi mandiri selama 14 hari dan itu wajib,” ungkap Wabup.
Ditambahkan H. Haryanto juga memerintahkan Dinas Kesehatan  untuk terus memantau kesehatan warga yang berstatus Orang Dalam Pantauan (ODP) di Kabupaten Lahat.
“Kemudian begitu juga dengan gugus tugas. Jadi mari kita bersama sama bersinergi, untuk mencegah penyebaran covid 19 ini,” Imbuhnya. 
Sementara Kapolres Lahat AKBP Irwansyah SIK MH mengatakan, untuk menanggulangi Covid 19 jangan sampai merebak di Kabupaten Lahat, 
yakni dengan melakukan pemasangan spanduk spanduk terkait informasi kepada masyarakat baik di desa maupun di kecamatan, agar disiplin terhadap himbauan dari pemerintah
“Kita juga telah melakukan sosialisasi kepada tokoh tokoh agama, pemuda, agar himbauan  menjadi panutan dan didengar oleh masyarakat.” ungkapnya
Lanjut kata Kapolres Lahat, bahwa personil kepolisian telah diterjunkan untuk melakukan giat patroli bersama TNI untuk membubarkan masyarakat berkumpul yang tidak produktif.
“Patroli dilakukan 2 jam sekali dengan bersinergi TNI/ Polri untuk membubarkan masyarakat berkumpul yang tidak produktif, dengan catatan, pengaturan protokol pencegahan covid 19,” ungkapnya
Adapun Ketua DPRD Lahat Fitrizal Homizi ST menghimbau kepada masyarakat agar mematuhi apa yang telah disarankan oleh pemerintah Pusat, Gubernur dan Bupati serta Gugus Tugas, untuk sementara waktu jangan mengadakan kegiatan dengan mengumpulkan massa, kemudian selalu menjaga pola hidup sehat, berolahraga dan selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas.
Dandim 0405 Lahat  Letkol Kav H Sungudi SH MSi mengatakan dengan anggaran yang dilokasikan pemda, agar tepat dan sesuai seperti alokasi dari anggaran disarankan untuk membeli masker.
 “Dengan adanya arahan dari WHO dan pemerintah pusat diwajibkan semua memakai masker, jadi disarankan alokasi dari anggaran pemda untuk membeli masker, kalau bisa berdayakan UMKM untuk pembuatan masker, agar himbauan pemerintah lebih efektif,” ungkap Dandim.
Dandim 0405 Lahat juga menyarankan  agar para pendatang yang datang dari zona merah dan ditetapkan status ODP, agar di isolasi di terminal batai selama 14 hari, bukanlah isolasi mandiri. Menurutnya, hal ini agar membuat para pemudik atau para perantau dapat sementara mengurungkan niat untuk pergi ke Kabupaten Lahat.
“Mumpung masih hijau, jadi karantina terbatas, dengan maksud agar orang orang dari luar tidak masuk ke Kabupaten Lahat, karena ini demi keselamatan kesehatan kita semuanya” Cetusnya.
Editor : Ron

Check Also

IMG-20200805-WA0088

PISAH SAMBUT DANDIM 0405 LAHAT, BUPATI UCAPKAN SELAMAT DAN SUKSES

Author : Ganda Coy LAHAT,  LhL – Bertempat di Pondopoan Rumah Dinas Bupati Lahat, telah …

error: Content is protected !!