Home / LAHAT FOKUS / COVID-19 : KABAR GEMBIRA, DARI 38 ODP, 9 BEBAS PANTAUAN

COVID-19 : KABAR GEMBIRA, DARI 38 ODP, 9 BEBAS PANTAUAN

PDP dan Positif Covid Masih 0, PP Meningkat

Author : Ujang

LAHAT, LhL – Posko gugus tugas pencegahan pandemi Virus Corona atau Covid-19 di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lahat, perhari ini Selasa tertanggal 7 April 2020 mencatat sebanyak 38 Orang Dalam Pemantauan (ODP), 9 di antaranya yang dinyatakan telah bebas dari status tersebut. Pasalnya, ke 9 orang di antaranya telah melewati masa pemantauan selama 14 hari berlalu.

Menurut Bupati Lahat, Cuk Ujang, SH selakigus selaku Ketua Gugus Tugas Penanganan Pencegahan Covid-19 melalui Kepala Dinas Kesehatan, Ponco Wiwoho yang disampaikan Juru Bicara Posko yang juga Sekretaris Dinkes, Taufik, untuk hari ini total ODP perkecamatan setelah diupdate jam 15.00 WIB, untuk di Kecamatan Lahat 6 ODP, Merapi Timur 1, Merapi Barat 2, Kikim Timur 6, Kikim Barat 1, Kikim Selatan 2, Pulau Pinang 1, Pagar Gunung 4, Tanjung Sakti Pumi 2, Jarai 5, Gumay Ulu 1, Tanjung Tebat 1, Muara Payang 2, Suka merindu 1, Lahat selatan 3 dengan jumlah keseluruhan ODP sebanyak 38 orang.

Baca Juga :  KEMBANGKAN KOMPETENSI ASN, BKPSDM GELAR WORKSHOP SATU PINTU

“Nah dari 38 ODP tersebut, alhasil yang sudah selesai masa pemantauan di Kecamatan Lahat ada 2 orang, Pulau Pinang 1 orang, Tanjung Sakti Pumi 1 orang, Jarai 1, Gumay Ulu 1, Muara Payang 1, Mulak Sebingkai 1. Jumlahnya ada 9 orang, dan sudah dinyatakan bebas dari pantauan dan dinyatakan sehat sampai hari ini”, jelas Taufik.

Atas perubahan status tersebut, maka yang masih dalam proses pemantauan di Kecamatan Lahat 4, Merapi Timur 1, Merapi Barat 2, Kikim Timur 6, Kikim Barat 1, Kikim Selatan 2, Pulau Pinang 0, Pagar gunung 4, Tanjung Sakti Pumi 1, Jarai 3, Gumay Ulu 0, Tanjung Tebar 1, Muara Payang 1, Sukamerindu 1, Lahat Selatan 2.

Baca Juga :  COVID-19 : KASUS POSTITIF 21, LAHAT MASIH BERTAHAN DI ZONA ORANGE

“Ini artinya, jumlah ODP mulai terus menurun hingga hari ini hanya 29 orang saja, jika dibandingkan hari-hari sebelumnya. Sedangkan untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Posotif Covid, itu tetap nol. Kami selaku Satgas penanganan pencegahan Virus Covid-19 Kabupaten Lahat ini tetap dan selalu mengaharapkan, agar seluruh masyarakat Kabupaten Lahat mendengarkan dan mematuhi aturan dan himbauan yang telah disampaikan oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Kabupaten Lahat, agar kita semua dapat terhindar dari wabah ini”, imbuhnya.

Sementara untuk Pelaku Perjalanan (PP), sebut Taufik, itu mengalami peningkatan. Jika kemarin pada Senin berjumlah 1969, maka pada hari ini Selasa (7/4/2020) meningkat menjadi 2053 orang. Kendati demikian, pihaknya menghimbau kepada masyarakat agar tidak panik menghadapi penambahan PP ini. Sebab yang namanya PP ini belum tentu menjadi ODP, karena semuanya sudah melalui pemeriksaan di Posko yang ada 3 gerbang masuk Kota Lahat.

Baca Juga :  KALSUM BARIFI TERPILIH SECARA AKLAMASI SEBAGAI KETUA UMUM KONI LAHAT

“Namun kami tetap mengingatkan kepada seluruh PP, khususnya bagi PP yang datang secara diam-diam atau tidak melapor ke petugas supaya dengan kesadarannya memeriksakan diri ke Satgas kami yang ada di setiap desa dan kecamatan. Termasuk juga bagi para ODP, supaya terus terbuka ketika Satgas kami melakukan konfirmasi pemantauan terhadap kondisi kesehatan badannya”, pinta dia.

Disampaikan, kapada seluruh masyarakat Kabupaten Lahat supaya tetap selalu menjaga kebersihan, mencuci tangan sesering mungkin sebelum dan sesudah beraktivitas, jaga pola makan hidup sehat, jaga jarak dengan sesama, tidak keluar rumah kecuali hal-hal penting, gunakan masker saat keluar rumah.

“Utamanya kita tetap tenang serta sama-sama mematuhi himbauan dan berdoa, supaya di Kabupaten Lahat tidak ada warga yang terinfeksi Virus Corona ini”, tutup Taufik saat dikonfirmasi di Posko Covid-19 Kantor Dinas Kesehatan sore ini.

Editor : RON

Check Also

KAPOLRES LAHAT JALANKAN PROGRAM KAPOLDA SUMSEL, SEBAGAI PENGGANTI JUMAT BAROKAH

Author : Ganda Coy LAHAT, LhL – Hasil pantauan, Program Kapolda Sumatera Selatan, warung mang …

error: Content is protected !!