Home / Umum / COVID-19 : BERTAMBAH MENJADI 25 ODP, PDP 0 DAN PP 1491

COVID-19 : BERTAMBAH MENJADI 25 ODP, PDP 0 DAN PP 1491

Author : Ujang

LAHAT, LhL – Jika kemarin ada penambahan 3 orang, hingga menjadi 22 Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang didata dan tercatat oleh pihak Posko Gugus Tugas penanganan pencegahan virus Covid-19 atau Corona di Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat, maka pada hari ini, Jumat (3/4/2020) sekira pukul 15.00, angka ODP meningkat menjadi 25.

Perubahan ini, seperti disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Lahat, Ponco Wiwoho melalui Sekretraisnya, Taufik yang sekaligus menjadi Juru Bicara (Jubir) di Posko penanganan pencegahan Covod-19.

“Untuk hari ini ada penambahan 3 ODP, masing-masing dari Kecamatan Merapi Barat satu orang dan dari Kecamatan Kikim Timur sebanyak dua orang. Hingga total ODP yang kita data hari ini berjumlah 25 orang”, terang Taufik, saat diwawancara awak media di ruang kerjanya di Kantor Dinkes Lahat, Jumat (3/4/2020).

Sementara untuk Pemilik Perjalanan (PP), sambung dia, ada penambahan lagi sebanyak 149 dari jumlah PP yang kemarin berjumlah 1342, yang mana pada hari ini berubah menjadi 1491 orang. Sedangkan untuk yang berstatus sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Positif Covid-19, hingga hari ini tidak ada perubahan atau masih di angka nol.

Baca Juga  BAPPEDA PAGARALAM HELAT BINTEK POS PELAYANAN TEKNOLOGI

“Perlu kami sampaikan lagi, bahwa sebanyak 1491 PP ini bukanlah orang yang langsung disebut ODP, karena PP adalah orang yang baru saja melakukan perjalanan dari daerah terjangkit Corona. Tapi semua orang itu sudah didata dan dilakukan pemeriksaan sebelum memasuki Kabupaten Lahat, mereka sehat-sehat dan tidak ada keluhan di kesehatan tubuhnya. Demikian juga ODP, orang ini belum tentu bisa disebut PDP. Karena masing-masing orang tersebut sudah kita minta supaya karantina mandiri di rumah masing-masing, dan tidak sedang dalam perawatan atau pengawasan petugas kesehatan. Kemudian PDP, ini juga belum bisa divonis langsung sebagai penderita atau positif Covid-19, sebab masih harus menunggu hasil pemeriksaan dari dokter ahli yang menanganinya”, urai Taufik.

Baca Juga  BERIKUT PENETAPAN RESMI KPUD LAHAT TENTANG PASLON BUPATI DAN WAKIL BUPATI LAHAT 2018

Untuk disphaknya menyampaikan kepada semua masyarakat Kabupaten Lahat, agar tidak terlalu panik dalam menghadapi dan melawan wabah ini. Ia menganjurkan supaya tetap ikuti dan patuhi himbauan, serta aturan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.

“Cuci tangan sesering mungkin usai beraktivitas, jaga pola makan dengan teratur, jauhi kerumunan massa, minimalisir keluar rumah tanpa kepentingan yang mendesak. Bagi yang masuk dalam kategori ODP supaya mematuhi petunjuk yang disarankan oleh Satuan Petugas (Satgas) di kecamatan masing-masing. Yang utama adalah, kita sama-sama berdoa supaya masyarakat Kabupaten Lahat tidak ada satupun yang terjangkit atau positif Corona”, harap Taufik.

Disinggung soal kelengkapan Alat Pelindung Diri (OPD) bagi para petugas pencegahan dan penanganan Covid-19 di Kabupaten Lahat ini, Taufik menjelaskan jika APD dalam keadaan aman.

“Untuk APD di rumah sakit maupun di semua satuan petugas, semua sudah siap dan aman”, tutup Taufik.

Editor : RON

Berikut pesan Ketua PWI Lahat terkait wabah Corona :

Check Also

Pemilu di 4 TPS RD PJKA Bandar Agung Berjalan Kondusif

Author : Ujang LAHAT, LhL – Prosesi Pemungutan Suara di Empat Tempat Pemungutan Suara (TPS) …

SMM Panel

APK

Jasa SEO