Home / LAHAT FOKUS / Mulak Sebingkai / CARA SENSUS PENDUDUK ONLINE DISOSIALISASIKAN BPS LAHAT DI MULAK SEBINGKAI
IMG-20200221-WA0084

CARA SENSUS PENDUDUK ONLINE DISOSIALISASIKAN BPS LAHAT DI MULAK SEBINGKAI

Author : Ivi Hamzah

MULAK SEBINGKAI, LhL – Badan Pusat Statistik Kabupaten Lahat, Propinsi Sumatera Selatan, hari ini Jum’at (21-02-2020) mensosialisasikan program pemerintah dalam mendapatkan informasi data masyarakat melalui sensus penduduk online dan pencacahan di aula kantor camat Mulak Sebingkai. Sensus penduduk Indonesia yang ke-7 digelar pada tahun 2020 ini, dengan menggunakan dua sistem, yaitu sensus penduduk online dan pencacahan. Maka sensus penduduk 2020 dibutuhkan data-data masyarakat Indonesia yang akurat untuk menentukan dan mendapatkan informasi yang lengkap.

Kepala BPS Lahat Ir.Hj. Chairanita Kurniarita, M.Si, dalam sambutannya mengatakan, pentingnya data penduduk tercatat atau masuk dalam data sensus penduduk ini untuk memastikan jumlah penduduk Indonesia. Maka dengan ini ia mengajak seluruh kepala desa untuk mensosialisasikan program pemerintah dalam mendapatkan informasi dan data sensus penduduk tahun 2020 dengan baik dan akurat. Sensus penduduk yang memakai dua tahapan ini yaitu sensus penduduk online yang telah dimulai pada tanggal 15 Februari – 31 Maret 2020, untuk sensus melalui wawancara atau pencacahan akan dimulai pada tanggal 1-31 Juli 2020.

“Oleh sebab itu kami minta pada seluruh kepala desa untuk mensosialisasikan sensus penduduk online ini pada masyarakat dan segera memberikan dan mendaftarkan datanya melalui sensus.bps.go.id “terangnya.

Masih kata Chairanita, adapun tujuan diadakannya sensus penduduk ini adalah untuk menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia. Dan adapun manfaat di datanya sensus penduduk yaitu, data sensus penduduk 2020 sangat diperlukan sebagai dasar perencanaan pembangunan sampai wilayah terkecil, seperti program bantuan dari pemerintah.

“Maka kami minta pada masyarakat untuk mengisikan datanya melalui sensus penduduk melalui online, karena data ini adalah data dasar masyarakat yang wajib diketahui oleh pemerintah, dan data penduduk inilah nantinya akan dijadikan data lengkap oleh pemerintah,” tambahnya.

Sosialisasi sensus penduduk ini disambut baik Camat Mulak Sebingkai Drs.Erlambang, MM. Dikatakan camat, pentingnya sensus penduduk ini untuk didaftarkan agar data penduduk Indonesia dapat diketahui oleh pemerintah. Data penduduk yang diambil dalam sensus penduduk akan menjadikan data akurat sebagai penduduk Indonesia.

“Mari kita bersama-sama untuk mensosialisasikan program pemerintah ini pada masyarakat, agar data penduduk kita tercatat dan terdaftar sebagai penduduk Indonesia. Dengan mengucapkan bismillah, sosialisasi sensus penduduk ini saya buka,” ungkapkanya.

Wendang, selaku Koordinator sensus penduduk Mulak Sebingkai saat wawancarai awak media dalam sosialisasi ini menjelaskan, bahwa sensus penduduk ini bukan untuk menaikkan pajak seperti yang ditakutkan kebanyakan masyarakat. Sensus penduduk yaitu untuk mendata berapa jumlah jiwa penduduk Indonesia selama dilakukan pendataan sensus penduduk tahun 2020.

“Maka kami minta jelaskan pada masyarakat manfaat dan tujuan diadakannya sensus penduduk ini, agar masyarakat mengerti dan memahami arti sensus penduduk. Selesai pendaftaran secara online ini nanti bulan Juli kami akan mendatangi masyarakat untuk melakukan pencacahan,” tukasnya pada awak media.

Acara sosialisasi sensus penduduk dihadiri langsung oleh seluruh kepala desa Se-kecamatan Mulak Sebingkai dan tokoh masyarakat. Cara mendaftarkan sensus penduduk online ini langsung dipraktekkan oleh kepala desa yang hadir sebagai bahan sosialisasi sensus penduduk pada masyarakat.

Editor : Ron

Check Also

IMG-20200723-WA0093

CAMAT MULAK SEBINGKAI LAKUKAN PELETAKAN BATU PERTAMA PEMBUATAN JAMBAN DI DESA TALANG PADANG

Author : Ivi Hamzah MULAK SEBINGKAI, LhL – Usai melaksanakan penyerahan BLT-DD tahap satu bulan …

error: Content is protected !!