Home / LAHAT FOKUS / Kota Agung / KORAMIL 405/09 MANFAATKAN LAHAN TIDUR DENGAN MEMBUAT PEMBIBITAN TANAMAN
IMG-20200202-WA0002

KORAMIL 405/09 MANFAATKAN LAHAN TIDUR DENGAN MEMBUAT PEMBIBITAN TANAMAN

Author : Ivi Hamzah

KOTA AGUNG, LhL – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) Bukan sekedar menjadi benteng negara saja yang selalu siap memberikan pengamanan untuk menjaga NKRI, namun TNI juga lebih mencintai lingkungan yang ada disekitarnya agar menjadi lebih bermanfaat. Seperti yang tampak hari ini Sabtu (01-02-2020) Koramil 405/09 Kota Agung Kabupaten Lahat Sumatera Selatan, Danramil Kapten Infanteri Ferryson bersama anggotanya memanfaatkan lahan tidur disekitar kantor Koramil 405/09, dengan membuat pembibitan tanaman Alpukat, Nangka, Petai, Pinang, dan Durian tembaga. Dikatakan Danramil Kapten Infanteri Ferryson, dilakukannya pembibitan tanaman buah-buahan ini, untuk memanfaatkan halaman yang kosong sekaligus penghijauan lingkungan. Apabila bibit tanaman ini siap untuk ditanam akan menambah tanaman buah-buahan yang baru.

“Kita siapkan dulu bibit tanaman buah-buahan, apabila ada lahan yang ingin ditanam kita sudah siap bibitnya,” terang Ferry.

Masih kata Danramil, sekarang ini musim hujan dan buah-buahan, akan sangat disayangkan apabila tidak dimanfaatkan. Karena tanaman buah-buahan ini selain untuk dimakan sendiri juga menambah hasil komoditi.

“Sekarang kita bikin contoh pembibitannya dulu, mudah-mudahan bibitnya bagus. Tanah kita ini paling subur apa saja ditanam pasti tumbuh, makanya sayang kalau tidak kita tanam lagi,” tambahnya.

Ditambahkan Koptu Rinaldo, yang ikut membuat pembibitan tanaman buah-buahan tersebut mengatakan, bahwa diadakannya pembuatan pembibitan tanaman ini, karena pohon ditanam ini jenis tanaman keras yang bisa menyerap air sebagai penahan longsor. Dan sangat cocok untuk sebagai pelindung tanaman kopi, apalagi perkebunan kopi yang ada di perbukitan.

“Terjadinya banyak bencana longsor kemarin itu, karena pohon sebagai serapan air sudah berkurang, oleh sebab mari kita tanam pohon alpokat, nangka dan lainnya. Karena selain buahnya menghasilkan juga menambah penahan tanah dan serapan air,” ungkap Babinsa Mulak Ulu ini.

Editor : Ron

Check Also

IMG-20200517-WA0021

ANTISIPASI PENYEBARAN COVID-19, POSKO KOTA AGUNG TERUS DIJAGA

Author : Hendriadi KOTA AGUNG, LhL – Relawan yang tergabung dalam Posko kecamatan tanggap Covid-19 …

error: Content is protected !!