Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Merapi Barat / TRIPIKA MERAPI BARAT BENTUK POSKO TANGGAP DARURAT

TRIPIKA MERAPI BARAT BENTUK POSKO TANGGAP DARURAT

Author : DIN/CJ

MERAPI BARAT, LhL – Dalam rangka mengantisipasi bencana yang kerap melanda Bumi Seganti Setungguan akhir akhir ini, Kecamatan Merapi Barat, Lahat menggelar rapat koordinasi dan peresmian Posko Tanggap Darurat. Kegiatan ini dilaksanakan pada Senin (6/1/2020) digedung Pertemuan Kantor Kecamatan Merapi Barat, Kabupaten Lahat.

Hadir dalam kegiatan itu, Camat Merapi Barat Lahat, Eti Lestiani SP, MM, Kapolsek Merapi Barat, AKP Ardiansyah SIK SH, Danramil Merapi Area Kapten Inf Sudiyono, Camat Merapi Timur Miharta SE MSi yang diwakili Sekcam, Camat Merapi Selatan, Ketua Karang Taruna Merapi, Dinkes Merapi, Tagana, Kanit Intel, Provost, Sabara Polsek Merapi Barat, Kepala Desa Merapi Area, perusahaan batubara, PT MAS, PT BAU, PT BME, PT MIP, PT ATP, dan lain lain.

Camat Merapi Barat, Eti Lestiani, SP, MM dalam sambutanya mengatakan bahwa, bahwa rapat ini merupakan tindak lanjut dari pertemua pertama yang dilakukan di Kantor Polsek Merapi Barat, Lahat.

”Rapat ini merupakan kelanjutan dari peryemuan kemarin di Kantor Polsek Merapi. dan hari ini, untuk membahas pesmian posko tanggap darurat, guna menghadapi dan mengantisipasi kejadian kejadian yang menerpa Kabupaten Lahat, seperti banjir di Kecamatan Mulak Sebingkai, dan longsor di Kecamatan Pulau Pinang Lahat,” ungkap Camat Merapi Barat dalam pidatonya.

Dijelaskannya, dari peristiwa peristiwa yang ada, membuat pihaknya bersama unsur Tripika berpikir keras mencari jalan untuk mengantisipasi, apabila bencana yang datang tak terduga itu.

Baca Juga  BERSAMA BUPATI LAHAT, ALUMNI SANTO YOSEF KUNJUNGAN KE PT. PE

“Saat ini, di Kecanatan Merapi Area bisa dibilang Siaga Satu. untuk itu, mengantisipasi bencana yang datang selalu tak terduga diharapakan hari ini dapat mulai berjalan termasuk peresmian Posko Siaga Tanggap Darurat, dan paling sedikit menunggui Posko nanti sebanyak 10 orang dari berbagai pihak,” pesan Camat Merapi Barat.

Menurutnya, jembatan yang terletak di Desa Kebur merupakan satu satunya akses jalur yang dilalui semua kendaraan, terutama mobil mobil milik perusahaan tambang batubara.

“Intinya, ditegakkan di Kantor Camat Merapi Barat, hari ini kita resmikan guna untuk cepat tanggap darurat, seluruh pihak yang berjaga di Posko nanti akan terus Stanbay, silakan masyarakat maupun kades kalau ada bencana segera mungkin melapor keposko yang ada,” pungkasnya.

Senada, Kapolsek Merapi Barat, AKP. Ardiansyah menegaskan, tujuan ditegakkannya Posko Tanggap Darurat, tidak lain untuk mengantisipasi bencana yang menerpa Kabupaten Lahat belakangan ini.

“Jadi, kita belajar dari kejadian kejadian yang sudah menimpa di dua Kecamatan yakni, Kecamatan Mulak Sebingkai, dan Kecamatan Pulau Pinang Lahat,” kata Andriansyah.

Dari kejadian Longsor dan Banjir ditambahkan Kapolsek, menjadikan semua pihak terkait untuk berpikir bagaimana, meminalisir kejadian yang sudah menimpa Kecamatan lain itu.

“Untuk itu, kami berharap semua pihak terkait dapat saling bahu membahu dan bekerjasama untuk mengantisipasi kejadian. serta persiapan posko yang ditegakkan nanti,” ujar Andriansyah.

Baca Juga  HATI HATI KELALAIAN DALAM BERKENDARA DAPAT MENGHILANGKAN NYAWA

Sedangkan, dari Tagana menegaskan, sejak mendapatkan perintah dari badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBP) untuk bergabung di masing masing Kecamatan yang ada.

“Total anggota 120 orang ini, kami harus berbagi tugas dengan jumlah anggota yang ada dapat menyebar dibeberapa Kecamatan yang ada. Untuk kecamatan Merapi Barat kita akan stanbykan sebanyak 18 orang,” ujarnya.

Berdirinya Tagana ini, dia menambahkan, sama seperti BPBD Kabupaten Lahat sejak tahun 2007. Yang jelas, posko kesiap- siagaan bencana Tagana siap kapanpun.

“Lihat yang dibutuhkan, kendaraan motor, tenda, tinggal mengajukan ke dinas Sosial Lahat,” urainya.

Sedangkan salah satu pihak perusahaan saat diminta komentarnya, sedikit merasa keberatan untuk pengkondisian apa apa yang diminta oleh pihak Camat Merapi Barat.

“Terus terang, kami sedikit keberatan. Terlebih dari pihak Kecamatan membebankan kepada Perusahaan, apalagi posko yang ada, perusahaan diminta menyiapkan mobil yang akan dipakai dan distanbykan selama beberapa bulan,” imbuhnya.

Terakhir, melihat perusahaan berat untuk memberikan bantuan, Kapolsek dan Kanit Intel menyarankan kepada pihak Camat Merapi Barat, Timur, Selatan, untuk membantu Grup Posko Tanggap Darurat.

“Kalau ada perusahaan yang keberatan, kita lihat saja ke depan siapa atau perusahaan mana yang benar-benar memberikan loyallitasnya terhadap Posko yang sudah ditegakkan nanti,” tegas Kapolsek, seraya menambahkan, bahwa pihaknya  tidak menekan terhadap perusahaan tapi silahkan bagi yang mau membantu.

Editor : RON

Check Also

Tim Keluarga YM Beri Bantuan Beras, Warga Merapi : Terima Kasih Pak Yulius Maulana

Author : Ujang MERAPI TIMUR, LhL – Dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1445 H, …

SMM Panel

APK

Jasa SEO