Home / LAHAT FOKUS / Lahat Kota / BINAAN PT LONSUM SULAP LIMBAH PELEPAH SAWIT JADI BERHARGA

BINAAN PT LONSUM SULAP LIMBAH PELEPAH SAWIT JADI BERHARGA

Author : Ganda Coy

LAHAT, LhL – Dari limbah pelepah sawit dianggap tidak ada harganya, disulap menjadi barang berharga oleh anggota Rumah Pintar (Rumpin) Binaan PT. Lonson. Pelepah sawit tua yang selama ini hanya ditumpuk bawah pohon, dijadikan bahan berharga dan mempunyai daya jual beli, khususnya pada dunia kuliner.

“Lidi-lidi ini dianyam dan menjadi sebuah piring, kami beri level nama “Piring Lidi”. Jika ada pemesan, kami siap memenuhi berapapun permintaan”, ungkap Ketua Rumpin, Sri Agustina Selasa (26/11) pada acara rakor forum CSR-PKBL di Grand Zuri Hotel.

Baca Juga :  WABUP LAHAT BUKA RESMI KANTOR SMART UMROH CABANG LAHAT

Selain piring lidi, ada tas berbahan tali kor disulam menjadi tas rajutan dan tas mani-manik kesemuanya dikerjakan oleh anggota Rumpin dan telah masuk dipasar.

“Ya, dibawah binaan PT. Lonsom tas rajutan dan tas manik-manik selain dipasarkan di Kabupaten Kota di Sumsel, sudah ada pemesan dari Provinsi Simatera Utara”, jelasnya.

Awal berdirinya Rumpin dibantu oleh PT Lonsom, baik dari awal pembentukan, permodalan, pelatihan, pemasaran dan sampai bisa seperti saat ini.

Baca Juga :  SEMPAT MANGKRAK, PEMBANGUNAN LANJUTAN JEMBATAN LEMATANG KEMBALI DIMULAI

“Meski penuh tantangan, saat ini Rumpin telah berkembang dan dapat mandiri melalui hasil kriatifitas semua anggota”,Ungakpnya.

Sementara Urip Hari Otomo, Community Development Officer (CDO) PT. Pan Lonsom mengatakan semuanya tidak lepas dari nian semua pihak, baik perusahan melalui dana CSR didukung respon masyarakat.

“Ya, CRS PT. Pan Lonsom lebih diarahkan kepada pemberdayaan. Salah satunya menghidupkan ekonomi kreatif dan keterampil yang hasilnya dapat di nikmati oleh masyarakat itu sendiri”, jelasnya di selah-selah kunjungan Bupati Lahat Cik Ujang, SH di Stand Pameran PT. PAN Lonsom.

Baca Juga :  ALEX NOERDIN RESMIKAN PEMBANGUNAN PJU TENAGA SURYA DI MAN LAHAT

Sebuah kebanggaan tersendiri bagi perusahan jika binaan ekonomi kreatif melalui dana CSR dapat bekembang, maju dan mandiri.

“Tentu, itu yang kami harapkan. Melalui keberhasilan tersebut, secara tidak langsung dapat menularkan hasilnya kepada masyarakat yang lain”, pungkas.

Editor : Ahmad

Check Also

RSUD LAHAT TERIMA BANTUAN VENTILATOR PEMBASMI KUMAN DARI DPR RI

Author : Ganda Coy LAHAT, LhL – Bertempat di RSUD Lahat, diadakannya acara pemberian bantuan …

error: Content is protected !!