Home / LAHAT FOKUS / Mulak Ulu / UNSUR TRIPIKA MULAK ULU MONITORING PEMBANGUNAN DESA PENGENTAAN DAN PENINDAYAN
IMG-20191112-WA0088

UNSUR TRIPIKA MULAK ULU MONITORING PEMBANGUNAN DESA PENGENTAAN DAN PENINDAYAN

Author : Ivi Hamzah

MULAK ULU, LhL- Pembangunan yang bersumber dari APBN diberikan kepada tiap desa melalui Dana Desa tahap dua tahun 2019, maka pembangunan di tiap desa dimonitoring oleh unsur tripika Mulak Ulu. Seperti hari ini Selasa (12-11-19) unsur tripika meninjau pembangunan di Desa Pengentaan dan Desa Penindayan Kecamatan Mulak Ulu, Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan.

Dalam monitoring ini, unsur tripika Mulak Ulu ingin memastikan setiap pembangunan di desa harus sudah terlaksana dan memenuhi Keterbukaan Informasi Publik. Seperti yang diungkapkan Camat Mulak Ulu Sumarno SE MSI, melalui Sekretaris Camat (Sekcam) Jhon Adri Agustian SH, didampingi Kapolsek Mulak Ulu AKP Kasmini Darda SH, Koramil 405/09, dan staf kantor camat Mulak Ulu, dalam memberikan arahan ke setiap desa untuk melaksanakan pembangunan sesuai dengan hasil musyawarah desa dan memasang papan informasi proyek dan baliho APBDes.

“Sesuai dengan tupoksi kita untuk memberikan pengawasan dan pembinaan ke setiap desa dalam menjalankan roda pembangunan desa,” ujar Jhon dihadapan Kades dan perangkat desa.

Hal senada ditambahkan AKP Kasmini Darda, dengan masuknya dana desa, akan memudahkan roda pembangunan desa menjadi cepat. Karena dalam dana desa tersebut sudah diatur kegunaannya oleh pemerintah, dari infrastruktur, pemberdayaan masyarakat dibidang kesehatan, pendidikan BUMDES dan lainnya.

“Oleh sebab itu manfaatkanlah dengan baik dana desa tersebut untuk kesejahteraan masyarakat,” terangnya.

Selanjutnya tim monitoring melakukan peninjauan ke lokasi untuk mengecek beberapa pembangunan.
Dijelaskan Kartawan, selaku Pjs Kepala Desa Pengentaan bahwa dana desa tahap dua dialokasikan ke pembangunan Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL) dan Jalan Usaha Tani (JUT).

“Syukurlah dengan adanya dana desa ini, manfaatnya sangat banyak ke masyarakat. Jadi kita bisa membangun jalan ke perkebunan,” ujar sekretaris desa ini.

Hal senada juga disampaikan Ali Imran, Pjs Kepala Desa Penindayan, bahwa dana desa tahap dua dialokasikan ke pembangunan jalan usaha tani.

“Sesuai hasil musyawarah desa, bahwa masyarakat minta dibangunkan jalan ke perkebunan untuk tahun ini, untuk memudahkan warga mengangkut hasil pertanian,” terang guru di sekolah dasar ini.

Turut hadir dalam monitoring ini, Polsek Mulak Ulu, Koramil 405/09, Pendamping desa, pendamping lokal desa, TPID, dan staf kecamatan.

Editor : Ahmad

Lihat Lainnya

IMG-20191119-WA0023

TIM PENILAI KEINDAHAN SEKOLAH DISAMBUT HANGAT SISWA DAN GURU

Author : Ivi Hamzah MULAK ULU, LhL- Untuk memberikan motivasi kepada sekolah dalam meningkatkan keindahan …

error: Content is protected !!