Home / Hukum & Kriminal / RATUSAN WARGA BANJAR SARI SERBU KANTOR PEMKAB LAHAT
20191028_114151

RATUSAN WARGA BANJAR SARI SERBU KANTOR PEMKAB LAHAT

# Tuntut Ganti Rugi Lahan

Author : Ron

LAHAT, LhL – Sekitar tiga ratusan massa yang tak lain adalah warga Desa Banjar Sari, Kecamatan Merapi Timur, Kabupaten Lahat, pagi ini, Senin (28/10/2019) sekira pukul 10.00 mendatangi Kantor DPRD dan Pemkab Lahat. Kedatangan massa pemilik lahan yang diduga digusur oleh pihak PT. Bumi Gema Gempita (BBG) ini, guna meminta penghentian aktivitas perusahaan serta pertanggungjawaban atas penggusuran lahan yang belum digantirugi.

IMG20191028095831

Menurut koordinator aksi, Erwin mengatakan, pihaknya menuntut supaya pihak PT. BGG  segera menggantirugi lahan, memeriksa HGU dan izin perusahaan, mencabut klaim lahan atas nama masyarakat Desa Banjar Sari serta menghentikan penggusuran lahan yang belum digantirugi itu.

“Selain itu, kami juga meminta supaya para pelaku perampas tanah masyarakat ditindak tegas, segera proses pelaku mafia tanah. Yang jelas, kami sangat mengecam keras tindakan penyerobotan tanah masyarakat di Banjar Sari ini”, kata Ketua BPD Banjar Sari ini dalam orasinya, yang dikawal ketat oleh pihak Polres Lahat dan pasukan TNI ini.

Erwin menambahkan, bahwa apabila tuntutan mereka tidak diindahkan, maka pihaknya akan menggelar aksi akbar dengan massa yang lebih banyak lagi.

“Kita kasih jedah waktu, supaya pihak perusahaan memenuhi hasil kesepakatan pihaknya, kita  dan Pemkab Lahat. Jika sesuai waktu tersebut pihak PT. BGG tidak mengindahkan, kami akan berdemo secara besar-besaran lagi. Sebab lahan itu asli milik masyarakat”, kata dia.

Setelah mendapat tanggapan dari pihak Pemkab Lahat, massa beransur-ansur meninggalkan lokasi demo dengan tertib dan damai.

Nyaris senada, Pemkab Lahat melalui Camat Merapi Timur, Miharta, SE, M. Si juga menyatakan akan melakukan tindak tegas terhadap pihak PT. BGG, jika tidak mematuhi atas hasil koordinasi dan mediasi penyelesaian persoalan tuntutan masyarakat Desa Banjar Sari ini.

“Kita akan lakukan mediasi terlebih dahulu, jika tidak diindahkan pihak PT. BGG, maka kita akan bentuk tim investigasi dan memverifikasi semua kelengkapan perangkat perusahaan. Mulai dari izin sampai ke hal-hal prinsip sekalipun”, tutup Miharta, usai aksi digelar.

Editor : Ahmad

Check Also

IMG-20200813-WA0063

DINAS KOPERASI DAN UKM BERSAMA PT BA BERIKAN PELATIHAN KEPADA PENGURUS KOPERASI LAHAT

                              …

error: Content is protected !!