Home / REGIONAL / MUARA ENIM / GANDENG PWI SUMSEL, PTBA GELAR UKW

GANDENG PWI SUMSEL, PTBA GELAR UKW

Author : Armansyah

MUARA ENIM, LhL – Guna meningkatkan kualitas dan profesionalisme wartawan yang ada di Kabupaten Muara Enim, maka PT Bukit Asam (PTBA) Tbk menggandeng Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Selatan melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW), Rabu (11/09/2019).

Menurut data dari PWI Provinsi Sumatera Selatan, UKW di Muara Enim ini diikuti oleh 30 insan pers dari Muara Enim, Lahat, Prabumulih dan Palembang. UKW ini sendiri diadakan selama dua hari Rabu dan Kamis (11-12/9) di Gedung Serba Guna PTBA.

IMG_20190912_121049

Ketua PWI Provinsi Sumatera Selatan, H Firdaus Komar, S. Pd, M. Si mengatakan, UKW ini merupakan kerja sama kali pertama antara pihaknya dengan Bukit Asam.

“Ini UKW ke-26 yang kami selenggarakan. Kalau untuk 2019, (UKW) ini yang ke-5,” terang Firdaus di sela-sela acara.

Baca Juga  HARI JADI KABUPATEN Muara ENIM KE- 72 DIMERIAHKAN PAWAI MOBIL HIAS

Hingga kini, menurut Firdaus, pihaknya telah berhasil meluluskan tak kurang dari 350 pekerja media dari sekitar 800 insan pers yang terdaftar sebagai anggota PWI Sumsel. Kendala yang kerap dihadapi adalah, biaya penyelenggaraan yang cukup menguras kantong, yaitu minimal Rp2 juta per peserta.

“Dengan adanya pihak-pihak yang menjadi Bapak Asuh, seperti yang dilakukan  oleh PT.Bukit Asam ini, tentu sangat membantu kami dalam meningkatkan skill dan knowledge wartawan,” katanya.

Sementara Ketua Bidang Advokasi dan Pembelaan Wartawan PWI Pusat, H. Oktap Riady, SH mengungkapkan, hingga tahun ini tercatat 11.117 wartawan yang sudah memiliki sertifikat kelulusan UKW sejak dimulainya program ini pada 2012. Jumlah tersebut, dikatakannya, hampir mencapai 80 persen wartawan bersertifikat dari total sekitar 14.000 insan media anggota PWI  se-Indonesia.

“Dari catatan kami, sudah diadakan 409 UKW di seluruh Indonesia. Terima kasih kepada Bukit  Asam yang telah memfasilitasi seluruh pelaksanaan UKW ini, sehingga bila peserta UKW kali ini lulus 100 persen akan menambah kuota nasional wartawan yang kompeten dan profesional,” ujar Oktap.

Baca Juga  HARI LINGKUNGAN HIDUP, PEMKAB MUARA ENIM RAIH 3 PENGHARGAAN

Deputy General Manager Unit Pertambangan Tanjung Enim Bukit Asam, Mochamad Taufik yang membuka kegiatan ini berharap, setelah lulus dari uji kompetensi para insan pers dapat lebih kompeten dalam menulis berita dan menjunjung profesionalitas sebagai pekerja media sehingga semakin terjalin sinergitas yang kuat antara Bukit Asam dengan media.

Selain mengikuti ujian tertulis dalam gelaran UKW yang berlangsung selama dua hari ini, para peserta UKW juga harus melaksanakan ujian praktik dan simulasi, di antaranya melakukan  kunjungan ke lokasi tambang Bukit Asam. 

Editor : Ahmad

Check Also

Safari Ramadan BUMN 2024, Bukit Asam (PTBA) Siapkan 1.000 Paket Sembako Murah

Author : Ujang/Humas BA MUARA ENIM, LhL – Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan, Kementerian …

SMM Panel

APK

Jasa SEO