Home / LAHAT FOKUS / Merapi Barat / DESA ULAK PANDAN BERSAMA BHABINKAMTIBMAS ADAKAN PEMBINAAN
IMG-20190827-WA0018

DESA ULAK PANDAN BERSAMA BHABINKAMTIBMAS ADAKAN PEMBINAAN

Tentang Penanggulangan Kebakaran Hutan.

Author : Hendri

MERAPI BARAT, LhL – Hari ini Selasa(27/8/2019) Pemerintah Desa Ulak Pandan bersama Bhabinkamtibmas menggelar kegiatan pembinaan Penanggulangan Kebakaran Hutan di Wisata Alam Pelancu kepada unsur masyarakat Desa Ulak Pandan mengingat menghindari kebakaran hutan terutama di wilayah Ikon Kabupaten Lahat yaitu area hutan Lindung Bukit Serelo.

Dalam kegiatan ini pemerintah desa menghadirkan pihak PPILHK, Manggala Agni, Kepolisian, BPD, Kelompok Masyarakat Peduli Api Desa Ulak Pandan, seluruh unsur pemerintahan Desa serta Karang Taruna

Dalam sambutannya Pihak PPILHK yang diwakli oleh Bapak Widodo, SH Dalam penyampaiannya perlu adanya pemetaan seluruh lokasi belukar agar bisa memantau titik api.

“Mari ita semua terlibat dengan cara patroli untuk memantau titik rawan api, mari bekerjasama dalam menciptakan pencegahan penanggulangan kebakaran hutan, ” katanya.

Semetara Hardianto selaku Bhabinkamtibmas Desa Ulak Pandan menyampaikan kepada seluruh peserta masyarakat agar bisa ikut serta bersama-sama dalam.

“Menanggulangi Kebakaran hutan serta menyampaikan Maklumat bersama Guburnur, Kapolda dan Pangdam II/SWJ tentang Larangan Pembakaran Hutan, Lahan atau Ilalang/semak-belukar, ” jelasnya.

Di tempat yang sama Susiawan Rama selaku Kepala Desa Ulak Pandan menyampaikan bahwa semua pihak harus saling mendukung agar tidak terjadinya kebakaran hutan.

“Tidak ada alasan untuk kita tidak bertindak walaupun tidak didukung oleh peralatan yg memadai tetapi kite tetap berupaya agar seluruh pihak bersama-sama ikut serta dalam penanggulangan untuk pencegahan kebakaran, “tuturnya.

BPD bersama Masyarakat Peduli Api (MPA) dalam sesi tanya jawab menyampaikan kepada nara sumber bahwa kiranya untuk pencegahan kebakaran hutan selain semua pihak bisa bersama-sama menangulangi tetapi alangkah eloknya agar Manggala Agni meminjamkan peralatan serta semua pihak juga menyampaikan himbauan kepada seluruh pihak perusahaan disekitar agar ikut serta berperan dalam pencegahan kebakaran hutan salah satunya dengan penyedian mobil tangki air serta ikut dalam patroli.

Editor : Ahmad

Lihat Lainnya

IMG-20190913-WA0051

MERAPI BERDEBU, BPD KARANG TARUNA SE- MERAPI BARAT BERTINDAK

Author : Hendri MERAPI BARAT, LhL – Setelah melayangkan surat melalui aksi damai beberapa hari …

error: Content is protected !!