Home / BERITA REGIONAL / BUPATI MUSIRAWAS SERAHKAN KKS KEPADA 651 KPM PURWODADI
IMG-20190709-WA0085

BUPATI MUSIRAWAS SERAHKAN KKS KEPADA 651 KPM PURWODADI

Author : Joh

MUSIRAWAS, LhL – Sebanyak 615 masyarakat berpenghasilan rendah di Kecamatan Purwodadi menerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) tahun 2019. Penyerahan BPNT tersebut secara langsung di hadiri Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan di Balai Kecamatan Purwodadi, Selasa (9/7/2019).

Dalam sambutannya, bupati menyampaikan program BPNT ini merupakan program nasional yang digulirkan dan diperuntukan bagi masyarakat berpendapatan rendah dengan tujuan untuk mengurangi beban pengeluran masyarakat dalam pemenuhan hak dasar berupa kebutuhan bahan pokok.

Tentunya, kata bupati, penyaluran bantuan sosial ini harus tepat sasaran kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan sehingga bantuan tersebut dapat dirasakan manfaatnya.

Selain itu, bupati berharap kepada masyarakat untuk tetap berusaha dan bekerja sehingga beban hidup masyarakat terutama beban keluarga dapat teratasi. Sebab, bantuan sosial ini sifatnya sementara.

“Karena sifatnya stimulan maka mari semuanya untuk tetap bersyukur dan tetap berusaha bekerja,” imbuhnya.

Sementara, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Musi Rawas Agus Susanto menjelaskan, sebanyak 24.070 keluarga penerima manfaat (KPM) di wilayah Kabupaten Musi Rawas akan menerima bantuan sosial non tunai melalui program BPNT dalam bentuk kartu keluarga sejahtera (KKS).

Agus menjelaskan, keluarga penerima manfaat tersebut ada dua jenis yakni Peserta Keluarga Harapan (PKH) dan non PKH. Untuk penerima PKH masih menggunakan kartu PKH yang lama sementara untuk non PKH akan mendapatkan kartu keluarga sejahtera.

“Untuk Kecamatan Purwodadi ada 615 keluarga mendapatkan KKS, penyerahan bantuan hari ini merupakan yang perdana dan beberapa hari kedepan juga akan disalurkan bantuan ke kecamatan lainnya di wilayah Kabupaten Musi Rawas, ” jelas Agus.

Adapun manfaat dari program bansos non tunai ini adalah, untuk meningkatkan ketahanan pangan di keluarga penerima manfaat sekaligus sebagai mekanisme perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan.

Kemudian, lanjutnya, untuk meningkatkan akses pangan baik secara fisik maupun secara ekonomi kepada keluarga penerima manfaat.

“Dan selanjutnya, tentunya akan membantu pertumbuhan perekonomian di daerah,” jelasnya.

Selain itu, dirinya meminta kepada seluruh masyarakat untuk dapat menginformasikan kepada pihaknya maupun pendamping PKH bila penyaluran bantuan tersebut ada yang tidak tepat sasaran.

“Program bantuan sosial diperuntukan bagi masyarakat berpendapatan rendah atau tidak mampu, laporkan bila penyaluran bantuan ini ada yang tidak tepat sasaran,” tegasnya.

Dalam kegiatan tersebut, penyaluran bantuan sosial secara resmi dimulai yang ditandai secara simbolis penyerahan kartu keluarga sejahtera oleh Bupati Musi Rawas kepada dua warga penerima manfaat.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Cabang Bank Mandiri, Kepala Dinas Sosial dan jajarannya, Camat Purwodadi dan beberapa camat lainnya, Kapolsek dan perwakilan Kodim 0406 MLM dan masyarakat Kecamatan Purwodadi.

Editor : Ahmad

Lihat Lainnya

IMG-20190919-WA0063

KEMARAU PANJANG, PULUHAN HEKTAR SAWAH PETANI KERING

Author : Joh MUSI RAWAS, LhL – Tampaknya memasuki musim kemarau ini sudah banyak desa …

error: Content is protected !!