Home / BERITA NASIONAL / MENGGALI SEJARAH, ANGGOTA KODIM KLATEN DATANGI SENDANG BULUS
Sendang Bulus

MENGGALI SEJARAH, ANGGOTA KODIM KLATEN DATANGI SENDANG BULUS

Author : Tim IT Kodim 0723/Klaten

Klaten, LhL – Kopral Satu (Koptu) Hartono yang merupakan salah satu Anggota Koramil 01 Kota Kodim 0723/Klaten, yang memiliki wilayah binaan Desa Jimbung, Kecamatan Kalikotes, Kabupaten Klaten mendatangi kawasan wisata Sendang Bulus Jimbung, Jumat (06/07/19).

Kedatangan Babinsa ini, selain untuk menikmati segarnya air sendang, juga ingin menggali keberadaan dan asal muasal sendang bulus, dengan menanyakan langsung kepada Nuri selaku juru kunci sendang Bulus Jimbung, dan juga merupakan warga Dukuh Pakugaran Desa Jimbung.

“Menurut juru kunci, Sendang Bulus Jimbung terdiri dari 2 (dua) sumber mata air. Di mana terpisah pada 2 (dua) kolam yang berjarak sekitar 20 meter. Kedua mata air atau kolam tersebut dipisahkan oleh patahan batuan kapur yang menonjol ke permukaan. Salah satu kolam yang diberi pagar keliling terdapat pohon randu raksasa yang sudah berusia ratusan tahun”, urai Koptu Hartono, menceritakan.

Mitos yang berkembang mengenai Sendang Bulus Jimbung ini, Hartono menambahkan, di mana tempat tersebut dihuni oleh sepasang bulus atau kura-kura yang bernama Kyai Poleng dan Nyai Poleng.

“Keduanya merupakan abdi Dewi Mahdi yang telah disabda menjadi bulus, dan konon hingga saat ini masih mendiami kawasan sendang tersebut”, katanya.

Sendang tersebut, menurut cerita dibuat oleh Pangeran Jimbung yang gagah perkasa dengan kesaktiannya menancapkan tongkatnya. Beliau bersabda, bahwa kelak dikemudian hari sendang ini akan banyak didatangi orang yang memberi makan.

“Saat ini sendang sangat sering digunakan warga untuk mandi, berenang dan bahkan ada yang memanfaatkanya untuk terapi kesehatan bagi warga yang sudah berusia lanjut, hal itu dilakukan pada saat pagi setelah subuh”, ungkapnya, seperti yang dibeberkan juru kunci.

Editor : Ahmad

Lihat Lainnya

IMG-20190922-WA0007

ALMAMATER SECATA 1999 KODAM II SRIWIJAYA GELAR REUNI AKBAR

Author : Ganda Coy LAHAT, LhL – Guna menjalin silaturahmi keluarga besar Tangkassema Almamater Secata …

error: Content is protected !!