Home / REGIONAL / MUARA ENIM / PEMKAB MUARAENIM RAIH PENGHARGAAN 7 OUT STANDING SMART CITIES IN SOUTH SUMATERA

PEMKAB MUARAENIM RAIH PENGHARGAAN 7 OUT STANDING SMART CITIES IN SOUTH SUMATERA

Author : Hadi

MUARAENIM, LhL – Pemkab Muaraenim meraih penghargaan 7 Outstanding Smart Cities In South Sumatera . Pemberian penghargaan ini diserahkan langsung oleh Gubernur Sumsel, H Herman Deru dan diterima langsung oleh Bupati Muaraenim, Ir H Ahmad Yani dalam rangka HUT Tribun Sumsel yang ke 7, Selasa, (2/7/2019) yang digelar di Ballroom Hotel Exelton Palembang.

Seperti yang dikatakan oleh Bupati Muaraenim, Ir H Ahmad Yani MM bahwa dalam rangka Gerakan Menuju 100 Smart City yang merupakan program yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

“Dalam pelaksanaannya, program ini bergerak bersama dengan Kementerian Keuangan, Kementerian PAN dan RB, Kementerian Perekonomian, Kementerian PUPR, Kementerian PPN/Bappenas dan Kantor Staf Kepresidenan RI, Program ini juga didukung oleh Kompas Gramedia group, SAP dan Indosat,” katanya.

Dikatakan Yani, bahwa Gerakan Menuju 100 Smart City diselenggarakan sebagai respon atas gejolak perkembangan digitalisasi di Indonesia dimana gerakan ini bertujuan memilih 100 kabupaten/kota di Indonesia yang akan dijadikan role model smart city.

“Kabupaten Muaraenim terpilih dalam Gerakan Menuju 100 Smart City pada 8 mei tahun 2018 setelah mengikuti proses assessment di bulan Maret 2018. Setelah terpilih, diadakan bimbingan teknis sebanyak 4x mulai bulan Juli-Oktober 2018,” jelasnya.

Baca Juga  BUPATI DAN WAKIL BUPATI KUNJUNGI DESA GUNUNG AGUNG

Kemudian lanjut bupati pada bulan Desember 2018 diadakan evaluasi terhadap hasil bimbingan teknis yang telah diselenggarakan.

“Adapun quick wins yang diperoleh dari hasil berdiskusi dengan seluruh elemen perangkat daerah diantaranya Program MANCE (Muaraenim Center) / SMART BRANDING

yang merupakan aplikasi berbasis android yang dijadikan brand informasi tentang kabupaten Muaraenim, Aplikasi ini dapat dikatakan preface yang memberikan informasi kepada masyarakat maupun tamu yang akan berkunjung ke Muaraenim. Menu-menu yang ada meliputi berita seputar pembangunan di Muara Enim, lokasi wisata, adat budaya, kuliner, info pelayanan pajak daerah dan pengaduan masyarakat, “katanya.

Selain itu lanjutnya ada juga menu pengaduan masyarakat yang langsung terintegrasi ke aplikasi SPIKM (Sistem Pelayanan Informasi dan Keluhan Masyarakat) Diskominfo dan Lapor SP4N.

“Aplikasi Mance mulai dikembangkan oleh Tim Muaraenim Smart Regency DisKominfo Kabupaten Muaraenim sejak Oktober 2018 dan perdana diluncurkan pada 12 November 2018. Sampai dengan 2019 telah terjadi beberapa kali pembaruan. Aplikasi ini dapat diunduh melalui google playstore pada smartphone android,” katanya.

Kemudian program SiCerdas /SMART GOVERNANCE dimana aplikasi siCerdas merupakan single windows aplication keluaran Dinas PMPTSP yang menggabungkan 4 aplikasi pelayanan penanaman modal dan perizinan di kabupaten Muara Enim.

Baca Juga  PEMDA BANTU MASYARAKAT MISKIN HADAPI COVID - 19

“Di dalam aplikasi SiCerdas ini terdapat aplikasi online perizinan, aplikasi bedah investasi, aplikasi GIS perizinan dan website DPMPTSP. Aplikasi ini diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam pelayanan publik yang berkualitas di bidang penanaman modal dan perizinan usaha di Kabupaten Muaraenim,” katanya.

Program lainnya jelasnya lebih lanjut adalah Rumah UMKMK Gerbang Serasan/SMART ECONOMY, Rumah UMKMK ini beralamat di Jalan Bambang Utoyo Kelurahan Pasar III Muara Enim.

“Dalam pelaksanaannya, Rumah UMKMK Gerbang Serasan menjadi pusat inovasi dan pelatihan UMKMK bagi peserta Program Gerbang Serasan, pusat galeri produk unggulan UMKMK di kabupaten Muaraenim, pemberian bantuan modal usaha bagi pelaku UMKMK. Pada tahun 2018, Rumah UMKMK masuk dalam Top 99 Inovasi Pelayanan Publik,” ungkapnya.

Terpisah, humas Pemkab Muara Enim kegita dikonfirmasi mengenai pemkab Muara Enim raih penghargaan membenarkan hal tersebut.

“Benar Pemkab Muara Enim mendapat mendapat 7 penghargaan tersebut yang diberikan langsung oleh Gubernur Sumsel pada beberapa hari yang lalu, tepatnya(2/7/2019),” katanya. Kamis, (4/7/2019).

Editor : Ahmad

Check Also

Safari Ramadan BUMN 2024, Bukit Asam (PTBA) Siapkan 1.000 Paket Sembako Murah

Author : Ujang/Humas BA MUARA ENIM, LhL – Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan, Kementerian …

SMM Panel

APK

Jasa SEO