Home / LAHAT FOKUS / Tanjung Sakti Pumi / PANORAMIC OF LAHAT, TEMUKAN AIR TERJUN
IMG-20190225-WA0002

PANORAMIC OF LAHAT, TEMUKAN AIR TERJUN

Author : Hendry

TANJUNG SAKTI PUMI, LhL – Dalam waktu seminggu Tim Panoramic of Lahat berhasil mengunjungi dua air terjun sekaligus di Kabupaten Lahat yang sebelumnya, belum sama sekali di liput media. Sebelumnya Panoramic of Lahat menemukan air terjun ke-142 yang terletak di Desa Perangai Kecamatan Merapi Selatan Kabupaten Lahat.

“Berselang dua hari kemudian Panoramic of Lahat, mengunjungi Desa Masam Bulau Kecamatan Tanjung Sakti Pumi. Di desa ini Panoramic of Lahat mengunjungi air terjun Mangkok dengan didampingi ketua Karang Taruna dan Tokoh Pemuda desa Masam Bulau bernama Wandi”, ungkap ketuanya Panoramic of Lahat Maryoto atau yang lebih akrab disapa Mario Andramartik, Senin (25/02/2019).

Dari Desa Masam Bulau, kata Mario, tim dengan mengendarai sepeda motor menyusuri pematang sawah yang telah dijadikan jalan setapak yang sudah di beton sejauh kurang lebih sekitar 600 meter, lalu berjalan kaki dengan menyusuri tepi sungai. Tidak sampai disitu Tim Panoramic of Lahat kemudian menyusuri pematang sawah sejauh 300 meter dan terus berjalan kaki 100 meter menyusuri aliran sungai setinggi mata kaki.

“Setelah sampai di lokasi terasa sejuknya air terjun Mangkok dengan lebatnya pepohonan disekitar air terjun menambah indahnya mata memandang. Air terjun bertingkat tiga ini, airnya sangat jernih dan bersih membentuk lubuk atau danau di bawahnya mengundang rasa untuk berenang. Berhubung waktu sudah sore dan hari akan hujan kami hanya melakukan photo bersama dan membuat video”, kata Mario.

Air terjun Mangkok bertingkat tiga ini, tambah Mario ternyata masih menyimpan keindahan pada bagian atasnya. Menurut cerita Wandi sang tokoh desa bahwa ketinggian air terjun Mangkok secara keseluruhan setinggi 70 meter dan di atasnya bertingkat tingkat.

“Namun, apa hendak dikata, karena cuaca tidak mendukung dan waktu sudah sore maka kami belum dapat melihat semua keindahan diatas air terjun”, ungkap Mario.

Dengan letak yang tidak jauh dari desa, kata Mario air terjun Mangkok mudah sekali di jangkau dan dengan keindahan yang menawan bak perawan desa nan cantik jelita. Tak mustahil air terjun ini dapat dikembangkan menjadi obyek wisata yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan pemerintah.

“Yach sangat potensial untuk dijadikan obyek wisata. Air terjun Mangkok Desa Masam Bulau menjadi air terjun ke-143 di Kabupaten Lahat dan terus mengikrarkan Lahat pemilik air terjun terbanyak se Indonesia”, pungkasnya.

Perlu diketahui Maryoto atau yang lebih akrab disapa Mario Andramartik ini merupakan sang Tokoh Penggerak Kebudayaan dan Kepariwisataan Sumsel yang dijuluki tak pernah kenal lelah mengunjungi Seantero Kabupaten Lahat, Empat Lawang dan Pagar Alam untuk mendata, mendokumentasi dan mempromosikannya tempat wisata.

Editor : Ahmad

Check Also

BB2

DIDUGA SERING CURI HP, 2 SISWA INI BERURUSAN DENGAN HUKUM

Author : Herman. S LAHAT, LhL – Diduga karena telah melakukan tindak pidana pencurian Hand …

error: Content is protected !!