Home / KABAR TNI / KODIM 0405/LAHAT SIAP AMANKAN PILEG DAN PILPRES

KODIM 0405/LAHAT SIAP AMANKAN PILEG DAN PILPRES

Author : Prima

LAHAT, LhL – Komandan Distrik Militer (Dandim) 0405/Lahat siap menjaga stabilitas keamanan dalam pesta demokasi pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres) 2019 dan menjunjung tinggi netralitas. Senin (25/02/2019).

Saat memimpin Apel di Markas Kodim 0405 Lahat. Komandan Kodim (Dandim) 0405/ Lahat Letkol. Kav Sungudi, SH M. Si  di sela kegiatan apel pagi bersama Anggota dan PNS Kodim 0405 Lahat mengatakan, dalam menjaga stabilitas keamanan pihaknya akan terus melakukan koordinasi dengan kepolisian.

“Kodim dalam pesta demokrasi ini memiliki peran memantau dari stabilitas keamanan. Kita akan koordinasi dengan Polres Lahat. Fungsi kita di sini membantu kepolisian,” ujar Sungudi.

Baca Juga  AMBIL APEL, SATGAS TMM dan WARGA DIMINTA TANCAP GAS

Di samping itu, pihaknya juga bertanggungjawab agar kegiatan tersebut berjalan lancar dan tidak ada yang anarkis dalam pesta demokrasi ini.

“Untuk mewujudkannya kita koordinasi juga dilakukan dengan, Polres, KPU dan lingkup bawah dari RT dan RW. Tujuannya, agar daerah pemilihan tetap (DPT) ini sesuai dengan yang telah ditetapkan,” jelasnya.

Agar pesta demokrasi berjalan lancar dan aman, TNI harus mengedepankan sikap netralitas. Salah satu upaya yang dilakukan, TNI telah mengeluarkan buku pedoman netralitas dalam mengikuti pemilu.

“Poin yang paling penting dalam buku ini tetap pada posisi netral. Ini wajib dan tidak ada alasan lagi bagi prajurit saya untuk melanggar,” tegas Sungudi.

Baca Juga  SUKSESKAN ASIAN GEMES KERAHKAN 210 PORSONEL

Ia juga meminta kepada masyarakat dan pihak dari partai untuk tidak menarik pihaknya dan bergabung ke dalam ranah mereka.

“Di sini kan kita tidak bisa memberikan kemampuan kita seperti alat perlengkapan, maupun menghadiri kegiatan partai, dan akhirnya hal itu menujukkan bahwa kita tidak netral. Ini yang harus untuk dihindari, untuk personilnya nanti jika ditemukan bersikap memihak, tindakan tega akan langsung dilakukan, Kalau nanti ditemukan adanya anggota yang tidak netral, kita akan langsung mengambil tindakan tegas terhadap prajurit tersebut,” pungkasnya.

Editor : Ahmad

Check Also

Ubah Sistem Pengarsipan, Pemkab Lahat Luncurkan Aplikasi Srikandi

Author : BRP LAHAT, LhL – Pemerintah Kabupaten Lahat melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menggelar …

SMM Panel

APK

Jasa SEO