Home / KABAR TNI / KODIM 0405/LAHAT / KODIM 0405/LAHAT SIAP AMANKAN PILEG DAN PILPRES 2019

KODIM 0405/LAHAT SIAP AMANKAN PILEG DAN PILPRES 2019

Author : Ganda Coy

LAHAT, – LhL – Komandan Distrik Militer (Dandim) 0405/Lahat siap menjaga stabilitas keamanan dalam pesta demokasi pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres) 2019 dan menjunjung tinggi netralitas. Senin (25/02/2019). Saat memimpin Apel di Markas Kodim 0405 Lahat. 

IMG-20190225-WA0017

Komandan Kodim (Dandim) 0405/ Lahat Letkol. Kav Sungudi S.H M.si di sela kegiatan apel pagi bersama Anggota dan PNS Kodim 0405 Lahat ia mengatakan dalam menjaga stabilitas keamanan pihaknya akan terus melakukan koordinasi dengan kepolisian.

Baca Juga :  HUT TNI KE- 75 KODIM 0405/LAHAT LAKUKAN DONOR DARAH

“Kodim dalam pesta demokrasi ini memiliki peran memantau dari stabilitas keamanan. Kita akan koordinasi dengan Polres Lahat. Fungsi kita di sini membantu kepolisian,” ujar Sungudi

Di samping itu, pihaknya juga bertanggungjawab agar kegiatan tersebut berjalan lancar dan tidak ada yang anarkis dalam pesta demokrasi ini.

“Untuk mewujudkannya kita koordinasi juga dilakukan dengan, Polres, KPU dan lingkup bawah dari RT dan RW. Tujuannya, agar daerah pemilihan tetap (DPT) ini sesuai dengan yang telah ditetapkan,” jelasnya.

Baca Juga :  DANDIM LAHAT DAMPINGI DANREM 044/GAPO BERKUJUNG KE WISATA GUNUNG DEMPO

Agar pesta demokrasi berjalan lancar dan aman, TNI harus mengedepankan sikap netralitas. Salah satu upaya yang dilakukan, TNI telah mengeluarkan buku pedoman netralitas dalam mengikuti pemilu.

“Poin yang paling penting dalam buku ini tetap pada posisi netral. Ini wajib dan tidak ada alasan lagi bagi prajurit saya untuk melanggar,” tegas Sungudi

Ia juga meminta kepada masyarakat dan pihak dari partai untuk tidak menarik pihaknya dan bergabung ke dalam ranah mereka.

Baca Juga :  KORAMIL MERAPI AREA GELAR SOSIALISASI DAMPAK COVID- 19 DAN KARHUTLA

“Di sini kan kita tidak bisa memberikan kemampuan kita seperti alat perlengkapan, maupun menghadiri kegiatan partai, dan akhirnya hal itu menujukkan bahwa kita tidak netral. Ini yang harus untuk dihindari, untuk personilnya nanti jika ditemukan bersikap memihak, tindakan tega akan langsung dilakukan, Kalau nanti ditemukan adanya anggota yang tidak netral, kita akan langsung mengambil tindakan tegas terhadap prajurit tersebut,” pungkasnya.

Editor : Ahmad

Check Also

KORAMIL 405/12 KODIM LAHAT LAKUKAN AKSI GABUNGAN DALAM PENYEBARAN COVID-19

Author : Ganda Coy LAHAT, LhL  – Anggota TNI Kodim 0405 Lahat dari Koramil 405/12 …

error: Content is protected !!