Home / BERITA REGIONAL / RUMAH ZAKAT LAKUKAN PEMBERDAYAAN LANSIA
IMG-20190211-WA0011

RUMAH ZAKAT LAKUKAN PEMBERDAYAAN LANSIA

Author : Ron

OGAN ILIR, LhL – Rumah Zakat sebagai Lembaga social peduli terhadap kesehatan, kali ini melakukan pemberdayaan kepada lansia di Desa Talang Balai Baru II. Tanjung Raja , Kabupaten Ogan Ilir.

Program ramah lansia ini, berjalan untuk tiga bulan ke depan dan sudah tiga bulan terakhir melakukan temu kelompok lansia perempuan masak bersama dan kunjungan ke rumah-rumah lansia, sambil membagikan minuman sehat yang menjadi langkah pemberdayaan lansia bagi warga Desa Talang Balai Baru II berapa bulan ke depan. Kemudian, membagikan minuman sehat secara gratis.

Hal ini seperti diungkapkan Ari Saputra selaku Relawan Inspirasi Rumah Zakat kepada Rumah Zakat News (11/02/19).

“Pemberdayaan ini kita lakukan, salah satunya dengan mengunjungi para lansia yang berada di Desa Talang Baru II di rumahnya. Warga sangat senang dan antusias, karena sebelumnya dari pemerintah atau dinas kesehatan belum pernah didatangi terus ngasih penyuluhan.,” tambah Ari.

Penyuluhan yang dilakukan, kata dia, tentang tanaman obat dan tata cara pola hidup sehat yang dibantu oleh Sri Mailah, SKM tentang tanaman-tanaman obat yang ada disekitarnya.

Selain itu, Lailaturahmah, S. Kep juga para lansia ini diberi petunjuk tentang cara membuat minuman sehat.

“Yaitu minuman yang air kelapa muda di campur dengan tumbuhan selasih. Air minum campuran ini bermanfaat untuk membersikan paru-paru buat lansia yang kecanduan rokok, meringankan panas dalam, memperbaiki metabolisme tubuh agar stabil karena bisa memicu kolesterol, asam urat dan gula darah”, urainya.

Dirinya mengaku senang, karena anak-anak rumah zakat sangat peduli dengan kesahatan lansia ini. Karena ini sangat bermanfaat sekali, minuman ini bisa dibuat sendiri oleh lansia.

“Semoga anak-anak rumah zakat berkah ilmu dan rezekinya” ujar nenek Umroh (72) dengan senyum khasnya.

Kegiatan ini dimulai jam 9 sampai selesai, yang diawali dengan mengupas kelapa muda sebanyak 24 buah kelapa untuk persiapan kerumah lansia, diteruskan penyuluhan tentang pemanfaatan tanaman obat dipekarangan rumah oleh relawan kerumah lansia terdekat.

Lalu pemberian minuman sehat. Kegiatan ini kita visit kepada 44 orang lansia yang terdiri dari 24 orang lansia perempuan dan 16 orang lansia laki-laki.

Harapannya, acara ini bisa kita laksanakan 2 minggu sekali. Sehingga lansia di desa ini semakin sadar akan kesehatan, dan menjaga pola hidup sehat”, tutup Ari.

Editor : Ahmad

Lihat Lainnya

IMG-20190123-WA0042

TASPEN CABANG LUBUKLINGGAU SOSIALISASIKAN PP 49 TAHUN 2018

Author : Imam LUBUK LINGGAU, LhL – PT.Taspen (Persero) Cabang Lubuklinggau menggelar Sosialisasi Jaminan Keselamatan …

[Slideshow "iklan-mati-5" not found]
[Slideshow "slider-9" not found]
error: Content is protected !!