Home / PAGAR ALAM / HL DAN DAS DIGUNDULI, BENCANA BANJIR MENGANCAM
IMG-20190210-WA0061

HL DAN DAS DIGUNDULI, BENCANA BANJIR MENGANCAM

# Menjadi Kawasan Sasaran Illegal Logging

PAGARALAM, LhL  –  Entah sejak kapan kawasan Hutan Lindung (HL) dan Daerah Aliran Sungai (DAS) Lematang di Kecamatan Dempo Selatan Kota pagaralam, Sumatera Selatan (Sumsel) yang hanya dibatasi dengan aliran Sungai Lematang dengan Kecamatan Dempo Tengah, mengalami kerusakan secara masif.

Karrna kawasan ini kian mengkhawatirkan, diduga akibat illegal logging atau pembalakan liar oleh oknum yang tak bertanggung jawab.

Bila aksi ini tidak segera dihentikan, maka bahaya banjir, longsor dan sebagainya akan menimpa dan tinggal menunggu waktu.

Pantauan di lapangan, Minggu (10/2/19), kawasan HL dan DAS dimaksud terlihat membentuk ruang terbuka, karena sejumlah pepohonan sudah ditebang

“Untuk mencegah dan menjaga kawasan tersebut, Pemerintah dan Aparat Penegak Hukum harus serius dan berani bertindak tegas terhadap pembalakan Liar,  untuk mempertahankan hutan lindung  di kawasan sepanjang aliran Sungai Lematang yang kian hari makin memperihatinkan. Jika tidak, bisa saja mengakibatkan Banjir dan longsor besar di hilir seperti Kabupaten Lahat”, ujar Sainul, salah seorang warga yang berdekatan dengan lokasi dia berkebun Minggu (10/2/2019).

Setidaknya, lokasi yang terjadi penebangan liar adalah di lokasi DAS di sisi selatan area Wisata Arung Jeram yang berbatasan dengan Kecamatan Dempo Tengah.

“Bagian seberangnya sungai langsung masuk wilayah Kecamatan Dempo selatan, Kelurahan Penjalang Desa Tebat Benawa Kota pagaralam yang terlihat lokasi hutan ditebangi”, jelas lelaki yang akrab disapa Inul Sainul ini.

Pohon-pohon itu, sambungnya, sudah puluhan tahun bahkan ratusan tahun tumbuh di lokasi Daerah Tebing Cadas sepanjang Sungai Lematang salah satunya sekitar Area lokasi wisata Arung jeram.

“Padahal, peranan kawasan hutan lematang sangat vital untuk menyanggah longsor dan banjir bandang bagi banyak daerah di sepanjang aliran bawahnya. Seluruh daerah seperti Kabupaten Lahat adalah hilir dari salah satu DAS, yaitu Sungai Lematang, hingga paling hilirnya sungai musi”, jelasnya.

Lebih khusus lagi, hutan lindung Dan Daerah Aliran Sungai (DAS) sepanjang Sungai Lematang, selain menjadi Penahan Tebing yang cadas juga penyedia air utama untuk mempertahan kan debit Air yang mengaliri sungai lematang. Apabila kawasan ini rusak, dan gundul dapat dipastikan daerah di bawahnya akan terimbas longsor dan banjir.

“Karenanya sangat diharapkan peran pihak yang berkompeten, agar menghentikan aksi pembalasan liar ini”, pungkasnya.

Editor : Ahmad

Lihat Lainnya

musibah

TIGA RUMAH PANGGUNG LUDES DILULUHLANTAKKAN SI JAGO MERAH

Author : TIM MUARA ENIM LHL – Kebakaran hebat kembali melanda warga di Kabupaten Muara …

[Slideshow "iklan-mati-5" not found]
[Slideshow "slider-9" not found]
error: Content is protected !!