Home / LAHAT FOKUS / Pagar Gunung / PANORAMIC OF LAHAT, TEMUKAN AIR TERJUN BARU
IMG-20190129-WA0025

PANORAMIC OF LAHAT, TEMUKAN AIR TERJUN BARU

Author : Hendry

PAGAR GUNUNG, LhL – Minggu ini akhir Januari 2019 bertambah lagi jumlah air terjun yang di data oleh Panoramic of Lahat, sebuah lembaga yang bergerak di bidang Kebudayaan dan Pariwisata. Sebelumnya jumlah air terjun sudah tercatat sebanyak 140 maka sekarang menjadi 141 air terjun. Hal ini makin menguatkan Kabupaten Lahat sebagai pemilik air terjun terbanyak se Indonesia.

“Kami telah mendaftarkan air terjun terbanyak se Indonesia ke Museum Rekor Indonesia (MURI) pada tahun 2016. Dengan kontur daerah perbukitan yang dimiliki Kabupaten Lahat tidak mustahil kalau memiliki banyak air Terjun”, terang Ketua Panoramic of Lahat Maryoto atau yang lebih di kenal Mario Andramartik, Selasa (29/01/2019).

Kali ini Panoramic of Lahat, sambung Mario saat didampingi oleh beberapa anggotanya, mendatangi air terjun yang terletak di Desa Lesung Batu Kecamatan Pagar Gunung.
Untuk mencapai air terjun ini dari Kota Lahat dapat di tempuh dengan kendaraan roda empat atau roda dua berjarak sekitar 30 km.
Kendaraan roda dua sejenis motor trail dapat mendekat hingga kebun kopi dan dilanjutkan berjalan kaki sekitar 100 meter.

“Air terjun di Ataran Lengkupi bernama Air Terjun Muara Mas dari sumber Sungai Sugih yang mengalir ke Sungai Lengkupi yang mana airnya tetap jernih walau di musim kemarau meskipun air Sungai Lematang berair keruh. Air terjun mencapai ketinggian sekitar 15 meter dan masih sangat alami bahkan pemuda Desa Lesung Batu yang mengantar kami baru pertama kali ke air terjun ini karena mereka merupakan pihak dari luar desa sini yang pertama ke air terjun Muara Mas”, terang Mario.

Disebut air terjun Muara Mas, lanjut Mario konon katanya air terjun terlihat warnanya kuning seperti emas. Dan air yang mengalir di sebut air Sungai Sugih karena konon ada pesugihan berupa tanaman buah yang berada di atas aliran sungai.

“Bila ada orang yang berada di atas air terjun bila menemukan tanaman sejenis buah dan terlihat ada buahnya, maka segera ambil dan itu akan membawa berkah atau menjadi sugih kalau tidak di ambil dan menunggu besok, maka pada keesokan harinya buah tersebut sudah tidak ada lagi alias hilang”, pungkasnya.

Editor : Ahmad

Lihat Lainnya

IMG-20190728-WA0070

CAMAT PAGUN, APRESIASI KERJA BAKTI KARANG TARUNA DESA SAPAI

Author : Ferdy PAGAR GUNUNG, LhL – Camat Pagar Gunung kerja bakti bersama pemuda pemudi …

error: Content is protected !!