Home / Hukum & Kriminal / TUNTUT KOMPENSASI DEBU, EMAK-EMAK ARAHAN GELAR DEMO
IMG-20190117-WA0115

TUNTUT KOMPENSASI DEBU, EMAK-EMAK ARAHAN GELAR DEMO

Author : Tim

MERAPI TIMUR, LhL – Sekira pukul 06.00 sore WIB hingga malam hari, Kamis (17/01/19), bertempat di Pengefullan kendaraan angkutan PT RUBS di Kampung V Desa Arahan Kecamatan Merapi Timur Kabupaten Lahat, telah dilakukan aksi damai oleh anggota Koperasi Mitra Jaya dan Ibu-ibu dari Kampung I Desa Arahan, Kecamatan Merapi Timur, Kabupaten Lahat.

Aksi yang dilakukan, olah mayoritas kaum “Emak-emak” ini, guna menuntut pembayaran kompensasi dampak debu holing batubara oleh pihak RUBS, yang mana pembayarannya sudah mulai dikurangi akibat dari 6 kendaraan yang tidak mau membayarkan konpensasi debu ke koperasi arahan, yang berkaitan konfensasi tersebut kembali kepada pihak individual. 

Dalam orasinya, masa dapat pengawalan langsung dari pihak Polsek Merapi Timur, pimpinan AKP, Herli Setiawan, Kades Arahan Bapak Asad Anggota Koperasi Mitra Jaya, Dedi Karman, Anggota Koramil 405-02/ dan Anggota Polsek Merapi ini, menuntut agar PT. RUBS, tidak adanya pembedaan terhadap armada. Yang mana semula pembayaran untuk koperasi, tetapi diambil atas nama individu atau perorangan.

IMG-20190117-WA0116

Yansa, selaku warga menuturkan, untuk sementara belum ada keputusan malam ini. Rencananya, menurut dia, hari Senin besok akan ada demo lanjutan dan pertemuan kembali di balai Desa Arahan.

“Semoga dengan adanya pertemuan berikutnya, masalah ini bisa diselesaikan”, ungkapnya

Usai melakukan aksi damai, masa membubarkan diri pukul. 19.01 wib dalam keadaan kondusif dan aman, serta kegiatan mediasi selanjutnya akan diadakan pada hari Selasa tanggal 22 Januari 2019 bertempat di balai Desa Arahan Kec.Merapi Timur Kabupaten Lahat

Kapolres Lahat AKBP Ferry Harahap SIK, MSI melalui Kapolsek Merapi, AKP Herli Setiawan, SH, MH mengatakan, dirinya selaku Kapolsek mengajak masarakat yang bersemo utuk tidak melakukan penyetopan armada pengakutan batubara. Bahkan mengajak menyelesaykan tuntutan warga masarakat yang demo, untuk bermusawarah mencari kesepakatan, agar tidak melakukan penyetopan.

“Tujuannya, aga tidak terjadi pelanggaran hukum. Kalau ada terjadi perlawanan oleh sopir mobil yang distop, karena sopir kendraan tersebut mencari makan untuk menghidupi keluarganya. Dan saya mengajak untuk musawarah kepada semua yang berkepentingn di perusahaan, dan koprasi dengan dihadiri oleh Tripika. Alhasil, warga masyarakat setuju dengan ajakan serta arahan dari saya selaku kapolsek, untuk menjaga Kamtibmas di wilayah merapi”, ungkap Kapolsek.

Editor : Ahmad

Lihat Lainnya

IMG-20190212-WA0093

DIDUGA KORBAN BEGAL, PENGOJEK INI DITEMUKAN BERSIMBAH DARAH

Author : Prima LAHAT, LhL — Aksi pembegalan kembali terjadi, kali ini yang menjadi korbannya …

[Slideshow "iklan-mati-5" not found]
[Slideshow "slider-9" not found]
error: Content is protected !!