Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Merapi Barat / BAWASLU LAHAT ADAKAN SOSIALISASI PENGAWASAN PARTISIPATIF DI KECAMATAN MERAPI BARAT

BAWASLU LAHAT ADAKAN SOSIALISASI PENGAWASAN PARTISIPATIF DI KECAMATAN MERAPI BARAT

Author : Hendry

MERAPI BARAT, LhL – Panwaslu Kecamatan (Panwascam) Merapi Barat mengadakan kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif Pemilu 2019 di gedung serba guna Desa Merapi Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat, Sabtu (08/12/2018).

Sosialisasi pengawasan partisipatif ini mengusung tema Tolak politik uang dan politisasi sara, sukseskan pemilu 2019 yang damai dan bermartabat. Bersama rakyat awasi pemilu, bersama Bawaslu tegakkan keadilan pemilu.

Ketua Panwascam Merapi Barat Eva Metriani, SE mengatakan, sosialisasi pengawasan partisipatif Pemilu legislatif dan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019 di Panwaslu Kecamatan Merapi Barat. Agar masyarakat atau penyelenggara pengawasan dapat lebih memahami peran serta atau partisipasi masyarakat dalam praktik pengawasan setiap tahapan pemilu.

“Tujuan dari kegiatan ini yaitu agar para peserta dapat lebih memahami tugas dan fungsi dalam menjalankan proses pengawasan setiap tahapan pemilu”, terang Eva sapaan akrabnya.

Tidak hanya itu, sambung Eva, meningkatkan integritas dan akuntabilitas petugas pengawasan penyelenggaraan pemilu serta semangat kekeluargaan dan silahturahmi diantara penyelenggara pemilu.

Baca Juga  PENUTUPAN FESTIVAL SENI MERAPI AREA BERLANGSUNG SUKSES

“Dan mengingatkan pemahaman tentang mekanisme pengawasan partisipatif dari masyarakat”, tukasnya.

Sementara itu, Kapolres Lahat AKBP Ferry Harahap, SIK, M.SI melalui Kapolsek Merapi AKP Herli Setiawan, SH, MH disampaikan oleh IPDA A. Husni Thamrin mengatakan, dengan adanya Sosialisasi Pengawasan Partisipatif ini kedepannya dapat bermanfaat.

“Semoga kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilihan Umum DPR RI, DPD RI, DPRD Kabupaten atau Kota serta pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2019. Berjalan sukses, lancar, aman, damai serta menghasilkan pemimpin yang baik sesuai apa yang kita harapkan”, ungkapnya.

Camat Merapi Barat Eti Listina, SIP, MM melalui Trimoyo menghaturkan permohonan maaf karena beliau tidak dapat hadir dalam Sosialisasi Pengawasan Partisipatif ini, dikarenakan ada pekerjaan yang tidak dapat ditinggalkan tapi beliau sangat mendukung kegiatan sosialisasi ini.

“Kami dari pihak Kecamatan sangat mendukung sekali kegiatan ini, kedepannya diharapkan dapat mengawasi jalannya Pemilu yang sukses, damai, aman tanpa adanya. Kepada pengawas yang bertugas diharapkan benar benar mengawasi dan penuh tanggung jawab”, harapnya.

Baca Juga  TERNYATA PEMBUNUH ZAINAL ABIDIN ADALAH MENANTUNYA SENDIRI

Ketua Bawaslu Lahat Andra Juarsah, M. Pd. I melalui Pimpinan Bawaslu Sepsata Adrian, SE mengatakan, tugas Bawaslu yaitu untuk melakukan Pengawasan Partisipatif Pemilihan Umum DPR, DPD, DPRD serta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2019. Pada hari Rabu 17 April 2019 mendatang akan melakukan Pemilu serentak, didalam Tempat Pemungutan Suara (TPS) Masyarakat akan diberikan 5 (lima) lembar Kertas Suara untuk dicoblos masing masing sekali.

“Tugas kita mengawasi jalannya Pemilu agar berjalan sukses, aman, lancar sesuai apa yang kita harapkan dan mudah mudahan menghasilkan pemimpin yang dikehendaki oleh rakyat mari kita sukseskan Pemilu 2019 yang damai dan bermartabat. Dengan mengucapkan Bismillah Hirohman Nirohim Sosialisasi pengawasan Partisipatif Tolak politik uang dan politisasi sara dibuka”, tutupnya.

Editor : Ahmad

Check Also

Tim Keluarga YM Beri Bantuan Beras, Warga Merapi : Terima Kasih Pak Yulius Maulana

Author : Ujang MERAPI TIMUR, LhL – Dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1445 H, …

SMM Panel

APK

Jasa SEO