Home / EMPAT LAWANG / GERMAS DIHARAPKAN BISA MEMBANTU MASYARAKAT AGAR LEBIH PRODUKTIF
IMG-20181107-WA0015

GERMAS DIHARAPKAN BISA MEMBANTU MASYARAKAT AGAR LEBIH PRODUKTIF

Author : Prima

EMPAT LAWANG, LhL – Dengan Adanya Program Gerakan Masyrakat Hidup Sehat ( Germas) Pemerintah kabupaten Empat Lawang Berharap agar masyarakat bisa lebih Produktif.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Empat Lawang Sahrial podril S.Km didampingi Kepala Bidang Kesehatan Masyrakat Eka Sosiawati kepada wartawan ,rabu (07/11).

” Germas adalah suatu tindakan sistimatis dan terencana yg dilakukan secara bersama sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran,kemauan,dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup, dan bertujuan agar masyarakat berperilaku sehat sehingga berdampak pada kesehatan terjaga,produktif,lingkungan bersih dan biaya berobat pun ikut berkurang.”katanya.

Dikatakannya, setiap individu pasti bisa melakukan Program Germas karena untuk berpola hidup sehat harus di mulai dari diri masing-masing dengan melakukan kegiatan kegiatan yang sederhana hingga melakukan vek kesehatan secara berkala.

“Kegiatan – kegiatan Germas yaitu dimulai dari yang sederhana seperti  melakukan Aktifitas Fisik, menkonsumsi Buah -buahan dan sayuran, tidak merokok, tidam menkonsumsi Alkohol,memeriksakan kesehatan secara Rutin,membersihkan Lingkungan dan menggunakan Jamban saat BAB.”Jelasnya.

Saat ini lanjut, Eka Dinas Kesehatan Kabupaten Empat Lawang sudah melakukan Kegiatan Promosi Kesehatan  DiPuskesmas  (Promkes) untuk mewujudkan Germas di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati.

“Kegiatan Promkes yang dilakukan Oleh Dinas Kesehatan yaitu Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Promkes , penggalangan Komitmen,  pengembangan media KIE, kampanye kesehatan, advokasi untuk tertipnya kebijakan publik yang berwawasan kesehatan, Peningkatan pendidikan gizi seimbang dan pemberian asi esklusif.”jelasnya.

Untuk capaian Program Germas dikabupaten Empat Lawang perseptember jelas Eka antara lain “Pemberian Gizi Masyarakat sudah 95 Persen, Pemberian Makanan Kepada Ibu Hamil sudah 100 persen, Pemberian tablet tambah darah pada ibu hamil 90 biji selama kehamilan sudah 67 persen, persalinan oleh tenaga Kesehatan sudah 72 persen,presentase akses Jamban sudah 62 persen,  Asi Eksklusif selama 6 bulan sudah 74 persen dan Puskesmas yang melaksanakan kesehatan olahraga anak SD sudah 50 persen Serta jimlah kecamatan yang melaksankan  5 Kampanye Germas sudah mencapai 50 persen.” Ungkapnya.

Editor : Ahmad

Lihat Lainnya

images

JUMLAH MASYARAKAT MISKIN MENGALAMI PENURUNAN

Author : Prima EMPAT LAWANG, LhL – Menurut Dinas Sosial Kabupaten Empat Lawang jumlah masyarakat …

[Slideshow "iklan-mati-5" not found]
[Slideshow "slider-9" not found]
error: Content is protected !!