Home / Kec. Pagar Gunung / BUPATI LAHAT BUKA ACARA PEMBENTUKAN KAMPUNG KB
IMG-20181106-WA0064

BUPATI LAHAT BUKA ACARA PEMBENTUKAN KAMPUNG KB

# Sekaligus Pengukuhan Pengurus IPEKB

Author : Ivi Hamzah

PAGAR GUNUNG, LhL – Keluarga Berencana (KB,) yang menjadi prioritas pemerintah dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat yang ekonomis, terus digencarkan dan disosialisasikan oleh, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Lahat. Hari ini Selasa (6-11-18), Dinas PPKB Kabupaten Lahat melaksanakan kegiatan pembentukan Kampung KB dan Pengukuhan pengurus IPEKB di Desa Kupang Kecamatan Pagar Gunung Kabupaten Lahat.

IMG-20181106-WA0063

Rangkaian acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia raya, lagu mars PKK, dan dilanjutkan dengan pemaparan program Kampung KB oleh Dinas PPKB.

Agus Santoso SH, MM, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Lahat, dalam sambutannya mengatakan, tujuan Kampung KB untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat yang berkembang dan berkelanjutan, agar sejalan dengan perkembangan dan pembangunan.

“Di Kabupaten Lahat ada 42 Kampung KB, oleh sebab itu mari kita bersenergi pada semua pihak dalam melaksanakan”, ajaknya.

Waspi Kepala BKKBN Sumatera Selatan, Kampung KB menyampaikan, berdasarkan arahan dari Pak Presiden RI, Joko Widodo pada tahun 2016. Dimana setiap Kecamatan agar memiliki Kampung KB. Oleh sebab itu beberapa program yang dicanangkan telah berjalan dengan baik. Adapun beberapa tujuan agar dibentuknya Kampung KB, untuk mengajak masyarakat hidup sehat.

“Meningkatkan kesejahteraan, kebersihan, untuk mengutamakan pola hidup sehat,” jelasnya.

Dilanjutkan lagi, diadakannya Kampung KB, untuk mensosialisasikan tiga hal pokok pada remaja, yaitu 1. Mencegah para remaja untuk melakukan pernikahan dibawah umur. 2. Mencegah agar tidak melakukan seks bebas. 3. Tidak melakukan narkoba untuk menjaga kesehatan tubuh ibu hamil.

“Banyaknya ibu meninggal dunia dalam proses melahirkan, karena belum siapnya seorang ibu akibat menikah dibawah umur, mari kita sosialisasikan pada masyarakat agar menanggulangi kematian ibu akibat melahirkan,” tegasnya.

Ketua DPRD Kabupaten Lahat Samarudin, SH, selaku putra daerah Desa Kupang dalam sambutannya mengajak pada masyarakat untuk melakukan KB, karena program KB untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

“Tidak ada lagi istilah jaman dulu, banyak anak banyak rezeki, kesehatan dan kesejahteraan yang harus diutamakan dalam menjalani kehidupan untuk mencapai taraf hidup yang layak,” ujarnya.

Kemudian, dilanjutkan kata sambutan Bupati Lahat, Marwan Mansyur, SH, MM dalam sambutannya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mensukseskan program Kampung KB dan mensosialisasikan beberapa program yang dicanangkan pemerintah untuk menuju hidup sehat. Beberapa paparan yang telah disampaikan oleh kepala BKKBN provinsi hendaknya seluruh tim bekerja sama agar beberapa program bisa terwujud.

“Dengan semua program Kampung KB, agar kita menjadi lebih baik lagi. Menjaga kesehatan, kebersihan lingkungan dan keutamaan hidup yang lebih baik,” ajaknya.

Selanjutnya, Bupati menyatakan bahwa  pembentukan Kampung KB resmi dibuka dan dilakukan dengan pemukulan gong.

“Dengan mengucap Bismillah, Kampung KB Desa Kupang saya nyatakan resmi dibuka,” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua DPRD Lahat, Kepala Dinas, Camat Se-kabupaten Lahat, Danramil, Polsek Pulau Pinang, Dharmawanita, Kades, dan masyarakat.

Editor : Ahmad

Lihat Lainnya

IMG-20181113-WA0019

TMMD MENGADAKAN BAZAR SEMBAKO

Author : Taubit F  PAGAR GUNUNG, LhL – Dalam rangka kegiatan TMMD ke 103 tahun …

[Slideshow "iklan-mati-5" not found]
[Slideshow "slider-9" not found]
error: Content is protected !!