Home / BERITA NASIONAL / RELAWAN ACT LAHAT : SULAWESI TENGAH MASUKI TAHAPAN RECOVERY
IMG-20181106-WA0067

RELAWAN ACT LAHAT : SULAWESI TENGAH MASUKI TAHAPAN RECOVERY

Author : TIm

PALU, LhL – Bencana alam dahsyat yang melanda Sulawesi Tengah telah melewati status Tanggap sejak 26 Oktober lalu. Pemerintah kini telah menetapkan Sulawesi Tengah memasuki masa Recovery atau pemulihan.

Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang sejak awal bencana telah terjun langsung hingga berdiri 15 Posko di setiap wilayah bencana. Baik di Palu, Sigi, maupun Donggala. Kini fokus gerakan ACT adalah membersamai Recovery Sulawesi Tengah.

Salah seorang anggota KGB ACT Lahat,  Aan Kunchay yang turut menjadi relawan di Kabupaten Sigi. Mengatakan bahwa banyak hal yang akan diperbuat oleh ACT sendiri baik di pembinaan maupun pengembangan ekonomi masyarakat.

“Jadi dalam masa recovery ini, penyaluran logistik dan dapur umum tetap berjalan seperti biasa. Namun, akan ada fokus baru seperti pemulihan dan pengembangan ekonomi. Saat ini yang sudah dilakukan seperti pengadaan dan perbaikan perahu nelayan. Tidak lupa juga tim psikososial yang akan terus membersamai anak-anak hingga orang tua agar kembali bangkit dan menghilangkan ketraumaan mereka,” ucap Aan Kunchay, saat dihubungi lewat ponselnya. Selasa (06/11).

Aan Kunchay juga mengatakan bahwa hingga saat ini ACT telah mendirikan Integrited Comunity Shelter (ICS) di beberapa titik pengungsian penyintas.

“Jadi masa recovery ini, peranan para assesment atau bidang pendataan juga turut difokuskan. Tak hanya data korban dan jumlah kerusakan bangunan, tetapi juga untuk mengetahui segala kebutuhan ke depan dari para penyintas,” tambahnya lagi.

Aan Kunchay sendiri saat ini masih terus bersama para relawan ACT di masa Recovery ini dengan tergabung dengan tim Psikososial. Dan direncanakan akan kembali ke kota asal pada tanggal 18 November mendatang.

Editor : Ahmad

Lihat Lainnya

5bb71d9ebf479953392343

LAGI, PTBA RAIH PENGHARGAAN TOP CSR 2018

Author : Ron JAKARTA, LhL – Catatan prestasi kembali diperoleh PTBA. Kali ini, PTBA meraih …

[Slideshow "iklan-mati-5" not found]
[Slideshow "slider-9" not found]
error: Content is protected !!