Home / Kec. Merapi Barat / BUPATI DAN KETUA TP PKK KABUPATEN KUNJUNGI PELANCU
IMG_20181030_143304

BUPATI DAN KETUA TP PKK KABUPATEN KUNJUNGI PELANCU

Author : Hendry Iin

MERAPI BARAT, LhL – Tim Penggerak Program Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Desa Ulak Pandan Kecamatan Merapi Barat di kunjungi oleh Bupati Lahat Marwan Mansyur, SH, MH dan Ketua tim TP PKK Kabupaten Lahat Suharyanti Marwan beserta rombongan kunjungan ini dalam rangka pembinaan 10 Program Pokok PKK Desa Ulak Pandan sekaligus silaturahmi dan tasyakuran atas menerima penghargaan sebagai pembina Program Kampung Iklim (Proklim) tahun 2018, dari Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Republik Indonesia (RI) Selasa, (30/10 /18).

Hadir dalam acara ini Bupati Lahat Marwan Mansyur, SH. MM, SKPD dan FKPD Kabupaten Lahat, Camat Merapi area, Ketua Tim Penggerak PKK beserta rombongan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, PT. Bukit Asam (PT. BA), PT. Bumi Merapi Energi (PT. BME), PT. Tritama Niaga Berjaya (PT. TNB) dan tamu undangan lainnya.

Susiawan Rama Kepala Desa Ulak Pandan Peraih penghargaan Proklim Tingkat Nasional dalam sambutannya, mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang hadir, alhamdulillah syukur Desa Ulak Pandan terpilih sebagai pembina Program Kampung Iklim (Proklim) tahun 2018, dari Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada 24 Oktober 2018 lalu.

“Kami ucapkan banyak terima kasih kepada PT. BA yang telah banyak membina, sehingga desa Ulak Pandan terpilih menjadi desa peraih penghargaan Proklim tingkat Nasional. Hal ini menjadi suatu kebanggan untuk Kabupaten LAHAT yang kita cintai ini”, ungkap Kades.

Lanjut Wawan sapa’an akrabnya, masih dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober, mewakili masyarakat dan mewakili pemuda dirinya bersama warga masih sangat membutuhkan bimbingan untuk memajukan Kabupaten Lahat.

“Dalam waktu bersamaan akan ada penyerahan bantuan penggalangan dana dan penyerahan bantuan dari kumpulan karyawan PT. Tritama Niaga Berjaya dalam wadah sosial Wajah Pribumi. Jadi setiap ada keluarga yang terkena musibah seperti bencana alam dan lainnya. Karyawan PT. TNB setiap bulannya sudah menyisihkan dari gaji mereka untuk disumbangkan untuk warga yang kurang mampu, para janda dan untuk anak pengajian Tahfidz Qur’an”, terang Wawan.

Tidak hanya itu, sambung Wawan, PT. BME juga menyumbangkan mobil Ambulans pada desa kami dan mobil itu siap digunakan untuk masyarakat jadi kalau ada masyarakat yang membutuhkan mobil Ambulans tersebut silahkan pakai.

“Kepada teman teman kepala desa yang ada di Kabupaten Lahat, mari kita sama-sama membanggakan dan memajukan Kabupaten Lahat”, ajak Wawan.

Sementara itu, Camat Merapi Barat Eti Listina, Sip. MM dalam sambutannya menyampaikan, melalui kegiatan yang positif ini dan didukung oleh karang taruna yang ada sehingga pengahrgaan ini bisa diraih dan didapatkan.

“Beberapa pekan ini kami sudah melakukan penggalangan donasi untuk korban bencana alam di Sigi, Donggala dan Palu. Untuk sementara dana yang sudah terkumpul sekitar Rp : 27,000,000′, uang tunai kemungkinan masih akan ada tambahan lagi dari perusahaan yang berada di sekitar wilayah Merapi area”, jelasnya.

Tadinya, sambung Eti akan ada uji coba pompa air dengan menggunakan tenaga surya melalui CSR yang di berikan PT. BA, berhubung pompa air belum siap maka di undur hingga waktu berikutnya.

“Usai acara ini kita akan memberikan bantuan kepada warga kurang mampu dan para janda yang ada di empat desa yaitu Desa Suka Cinta, Ulak Pandan, Negeri Agung dan Lebak Budi. Alhamdulillah syukur berkat adanya bantuan dari PT. BME dan PT. TNB sangat membantu dan meringankan sekali beban mereka, mudah mudahan ini terus berlanjut”, harapannya.

Masih kata Eti, kedepannya akan ada Bank Sampah untuk Bank Sampah sendiri sudah di Programkan, nantinya akan mengumpulkan sampah-sampah plastik.

“Semoga dengan di bentuknya Bank Sampah melalui karang taruna ini, kedepannya dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi Karang Taruna dan warga lainnya”, ungkapnya.

Bupati Lahat Marwan Mansyur, SH. MM dalam sambutanya mengatakan, apabila setiap desa yang ada di Kabupaten Lahat mempunyai pemikiran dan inovasi yang sama seperti ini Kabupaten Lahat pasti akan cepat maju.

“Dengan adanya penghargaan yang di peroleh ini, dapat memancing dan mematik kades kades lainnya untuk terus berinovasi, jadikan ini sebagai motivasi untuk memajukan Kabupaten Lahat. Desa Ulak Pandan ini juga mempunyai destinasi wisata yang baik dan dapat dijadikan icon Kabupaten Lahat yang membanggakan”, jelasnya.

Masih kata Marwan, atas nama pemerintah mengucapkan selamat dan terima kasih atas penghargaan yang sudah di raih. Ingat jangan melupakan perusahaan-perusahaan di Merapi area yang telah mendukung, desa yang sadar iklim hanya di raih 30 desa se- Indonesia.

“Kami berharap dan mengapreasi kerja dari Kades dan Camat yang telah terbukti membawa nama baik Kabupaten Lahat. Melalui program program CSR dari perusahaan agar selalu suppor Kabupaten Lahat. Kami minta apa yang sudah diraih pada saat ini harus dapat di pertahankan dan selalu di kembangkan. Sedangkan Untuk Camat dan Kades di Kabupaten Lahat diharapkan agar terus dapat berinovasi untuk memajukan Kabupaten Lahat”, pungkasnya.

Editor : Ahmad

Lihat Lainnya

IMG_20181028_151321

CAMAT PANTAU LANGSUNG PERSIAPAN DI WISATA PELANCU

Author : Hendry Iin MERAPI BARAT, LhL – Camat Merapi Barat Eti Listina, SIP, MM …

[Slideshow "iklan-mati-5" not found]
[Slideshow "slider-9" not found]
error: Content is protected !!