Home / Kec. Mulak Sebingkai / KADIS DPMD LAHAT TINJAU BUMDES KEBAN AGUNG
IMG-20181015-WA0079

KADIS DPMD LAHAT TINJAU BUMDES KEBAN AGUNG

Author : Jek

MULAK SEBINGKAI, LhL – Badan Usaha Milik Desa yang telah dilaksanakan setahun yang lalu oleh masyarakat desa, yaitu kolam air deras dengan dengan komoditi utama ikan semah (cengkak), lobster, baung, untuk penghasilan masyarakat Desa Keban Agung Kecamatan Mulak Sebingkai. Adapun anggaran untuk membuat kolam deras tersebut bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2017. 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Lahat Pauzan Khoiri, dalam tinjauannya ke kolam tersebut mengatakan, bahwa pemerintah mengarahkan pada masyarakat desa untuk membuat Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) agar setiap desa mempunyai usaha bersama. Karena penggunaan Dana Desa tidak harus ke pekerjaan fisik, oleh sebab itu harus diadakan setiap desa mempunyai usaha bersama yang dikelola oleh masyarakat desa sendiri.

“Kami dari DPMD hanya mengarahkan dan memantau, sampai sejauh mana dana desa tersebut terserap oleh masyarakat, kita sangat berharap setiap desa nantinya sudah mempunyai usaha bersama yang tergabung dalam BUMDES, agar uang yang di kucurkan oleh pemerintah bisa berputar,” jelasnya, Senin (15-10-18)

Drs.Erlambang, MM, Camat Mulak Sebingkai, dalam tinjauannya bersama Kadis DPMD juga menjelaskan pada awak media, bahwa Kecamatan Mulak Sebingkai yang baru berusia 10 bulan ini mempunyai cita cita yang tinggi. Kecamatan Mulak Sebingkai ingin memanfaatkan potensi wisata alam yang ada seperti agro wisata. Karena sumber mata pencaharian utama sebagai petani, oleh sebab itu Ia selalu berusaha untuk menjadikan Mulak Sebingkai makmur dalam penghasilan pertanian.

“Kami selalu berusaha untuk memaksimalkan bagaimana petani kita ini untuk menjadi makmur, sekarang ini sedang dilakukan penggarapan atau percetakan sawah baru, untuk mewujudkan Mulak Sebingkai menjadi lumbung beras,” ujar mantan kepala SMAN 3 Lahat ini.

Kepala Desa Keban Agung, Mahidin (48), yang dengan semangat untuk membuat desanya jauh lebih maju ini mengucapkan terimakasih atas tinjauan Kadis DPMD dan Camat ke BUMDES maju bersama. Untuk sementara ini kolam deras belum membuahkan hasil karena ikanya  belum dipanen.

“Kami masih tahap berbenah jadi belum menuai hasil, sekarang ini kita membuat satu kolam lagi untuk dikelola oleh Karang Taruna desa kita, yang pasti kita akan berusaha bagaimana BUMDES ini nantinya betul betul bermanfaat bagi masyarakat banyak,” tuturnya.

Kolam deras yang terletak dipinggir sungai air Mulak tersebut mempunyai tiga kolam dan satu masih tahap pembangunan.

Editor : Zadi

Lihat Lainnya

IMG_20180926_102659

MASYARAKAT DAN PEMERINTAH DESA JADIAN BARU, ADAKAN MUSRENDES

Author : Arman’s MULAK SEBINGKAI, LhL – Bertempat di Desa Jadian Baru Kecamatan Mulak Sebingkai, diadakannya …

[Slideshow "iklan-mati-5" not found]
[Slideshow "slider-9" not found]
error: Content is protected !!