Home / Kec. Lahat / HARI RADANG SENDI SEDUNIA, MARIO AJAK MASYARAKAT BANYAK GERAK
IMG_20181012_113157

HARI RADANG SENDI SEDUNIA, MARIO AJAK MASYARAKAT BANYAK GERAK

Author : Hendry

LAHAT, LhL – Peringatan Hari Radang Sendi Sedunia jatuh tepat pada tanggal 12 Oktober pada setiap tahunnya. Penyakit Radang Sendi atau dalam bahasa ilmiah disebut Arhritis, adalah penyakit yang banyak menyerang masyarakat dunia termasuk juga Indonesia. Di Indonesia penyakit ini lebih dikenal dengan nama rematik.

“Penyebab dari penyakit radang sendi bermacam-macam, mulai dari pola makan, pola hidup yang tidak sehat, ataupun jarang berolahraga,” ungkap Tokoh Inspirasi Sumatera Selatan 2016, Mario Andramatik, Jum’at (12/10/18).

Penyakit radang sendi (Arthritis) kata Mario, paling umum setelah penyakit jantung dan menjangkiti lintas usia. Berdasarkan data WHO, sebanyak 50 juta orang orang dewasa terkena arthritis. Sebanyak 300 ribu bayi dan anak terkena radang sendi. Sebanyak 67 juta orang di dunia diperkirakan akan terkena radang sendi pada 2030.

“Ada 100 macam penyakit yang memengaruhi daerah sekitar sendi antara lain Osteoarthritis (OA), arthritis gout (pirai), arthritis rheumatoid (AR), dan fibromialgia. Osteoarthritis adalah jenis arthritis yang paling umum terjadi. Kondisi ini menyebabkan sendi-sendi terasa sakit dan kaku. Kelebihan berat badan (obesitas) bisa menyebabkan Osteoarthritis. Penyebab lainnya karena trauma fisik, genetik, kurang nutrisi hingga hormonal, dan faktor usia. Kaum perempuan lebih rentan terserang Osteoarthritis ketimbang laki-laki,” jelasnya.

Yang mengkhawatirkan, Sambung Mario, tingkat kesadaran masyrakat Indonesia dengan penyakit ini sangat rendah, bahkan beberapa orang menganggap sepele dengan rasa pegal pada sendi sendi tubuhnya. Padahal, hal ini bisa mengganggu aktivitas bahkan kelumpuhan hingga kematian dini. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat penyebab kematian tertinggi dari penyakit tidak menular (PTM) di Indonesia adalah stroke, hipertensi, radang sendi, penyakit jantung, dan cedera.

“Oleh sebab itu marilah kita tingkatkan kesadaran terhadap radang sendi yang sewaktu-waktu bisa mengancam kesehatan kita. Dengan cara, jagalah pola hidup sehat, pola makan, serta cobalah untuk berolahraga paling tidak 3 kali dalam seminggu. Dan yang terpenting adalah selalu hindari pola hidup malas untuk bergerak atau malas gerak,” ajaknya Mario.

Editor : Zadi

Lihat Lainnya

IMG-20181015-WA0029

4 KALI BERTURUT-TURUT LAHAT RAIH PIAGAM OPINI WTP

Author : Nur LAHAT, LhL – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lahat kembali menerima piagam opini …

[Slideshow "iklan-mati-5" not found]
[Slideshow "slider-9" not found]
error: Content is protected !!