Home / BERITA REGIONAL / DINYATAKAN SEMBUH, FITRI TINGGAL DAN KERJA DI PALEMBANG
IMG-20181010-WA0049

DINYATAKAN SEMBUH, FITRI TINGGAL DAN KERJA DI PALEMBANG

Author : Prima

EMPAT LAWANG, LhL – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang, melalui instansi terkait terus berupaya mendata dan memberikan pelayanan penyembuhan terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Tahun 2018 ini, ada lima ODGJ yang terdata di Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Empat Lawang. Empat di antarannya sudah menjalani perawatan di RSJ Ernaldi Bahar Palembang dan satu orang dinyatakan sembuh.

“Lima ODGJ tersebut semuannya warga Tebing Tinggi, 1 warga Desa Mekarti Jaya, 4 warga Kelurahan Tanjung Kupang. Yang sudah dirawat kemarin 4 orang warga Tanjung Kupang”, kata Kabid Rehabilitasi Sosial, Dinsos Kabupaten Empat Lawang, Arta Ujang, Rabu (10/10/18).

Ujang menjelaskan, ODGJ yang dirawat di RSJ kurang lebih satu bulan, dari Maret hingga April 2018. Satu orang dinyatakan sembuh yakni Fitri (33) dan sudah mendapat pekerjaan di Palembang. Sementara 3 orang lainnya, rawat jalan di rumahnya.

“Yang dirawat ini masih satu keluarga dan satu rumah. Ratna (53) ibunya, Sumarni (45) dan Fitri anaknya. Nuraini (76) neneknya. Ratna dan Sumarni masih rawat jalan di rumah,” jelasnya

Pasien yang sembuh, kata dia, memang disarankan untuk tidak tinggal di Tebing Tinggi, dikarenakan bisa mengalami gangguan jiwa kembali. Maka dari itu, dia tinggal dan bekerja di Palembang.

“Kalau pulang kembali ke Tebing Tinggi, dikhawatirkan sakit lagi. Sebab mereka ini tinggal satu rumah,” katanya.

Sementara ODGJ yang di Desa Mekarti Jaya, tidak dirawat namun terus dipantau oleh tim. Sebab penyebab gangguan jiwanya dikarenakan depresi atau stres.

“Kami menyarankan kepada keluargannya untuk terus menjaganya,” tuturnya

Pihaknya saat ini masih terus memantau perkembangan ODGJ tersebut bersama pihak Dinkes. Selain itu, masyarakat diimbau jika ada keluargannya yang mengalami gangguan jiwa supaya melapor sehingga bisa didata dan dirawat.

Editor : Zadi

Lihat Lainnya

PhotoGrid_1543931569337

TUNGGAKAN EMPAT LAWANG PALING TINGGI SE-SUMSEL

Author : Prima EMPAT LAWANG, LhL – Dari 17 kabupaten/kota yang ada di Sumatera Selatan …

[Slideshow "iklan-mati-5" not found]
[Slideshow "slider-9" not found]
error: Content is protected !!