Home / EMPAT LAWANG / PENYEBAB TERJADINYA BANJIR DIKARENAKAN TUMPUKAN SAMPAH
IMG-20181008-WA0063

PENYEBAB TERJADINYA BANJIR DIKARENAKAN TUMPUKAN SAMPAH

Author : Prima

EMPAT LAWANG, LhL – Para pedagang dipasar Musi Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang, mengeluhkan bau busuk sampah di selokan di Pasar Musi Tebing Tinggi,  tidak itu saja tumpukan sampah yang menumpuk di saluran air berada di samping Pasar Musi Jaya penyebab banjir dikawasan itu. 

Akibatnya para pedagang harus meletakan barang lebih tinggi agar tidak terendam air. 

Pantauan didilokasi, selokan dikawasan pasar sudah dipenuhi sampah plastik dan sampah sisa rumah tangga yang membusuk dan menumpuk sehingga jika hujan turun air meluber ke pasar disekitarnya.  

Sarif,  salah seorang penjahit diPasar Musi mengatakan hujan lebat sebentar saja mereka harus siap-siap mengangkati barang agar tidak terendam air yang meluber ke los pedagang. 

“hujan sebentar saja sudah banjir,  paling tidak kami harus tinggikan barang yang kami pajang 30 cm lebih,  agar tidak basah direndam banjir, ” kata Syarif, Senin (8/10).

Sama halnya dikatakan Edi,  warga pasar Musi,  sampah yang menumpuk di selokan terebut jarang  dibersihkan jadi sepanjang saluran air menumpuk  sampah.

“sudah bertahun-tahun sampah disiring itu kotor penuh sampah tidak mengalir,  wajar kalau harus dibersihkan, “ucapnya

Kabid Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLHD)  Empat Lawang,  Kodri mengatakan penyebab saluran air sering mampet dan merendam los pedagang diakuinya disebabkan oleh sampah yang tidak bisa hanyut,  selain itu adanya jalur kabel PLN dan Telkom di atas saluran air tersebut sehingga sampah mampet. 

Ia mengatakan sampah pada saluran air tersebut merupakan sampah kiriman dari hulu setelah di kawasan pasar Musi menumpuk. 

“kedepan akan kami bersihkan terus,  sebelumnya setiap dua bulan  petugas kami bersihkan kesana, namun karena keluhan warga jadi kami galakan lagi agar bersih dari sampah,  ” ungkap Kodri. 

Kepala UPTD Pasar Musi Tebing Tinggi, Suhendri mengatakan pihaknya selaku pengelolah pasar kedepan akan menggalakan kebersihan  dilokasi tersebut agar tidak ada sampah di selokan. 

” program bupati sekarangkan salah satunya Indah, jadi menjaga kebersihan juga salah satu keindahan, ini harus kita tingkatkan lagi, untuk mendukung program bupati,”kata Suhendri.

Editor : Zadi

Lihat Lainnya

IMG-20181012-WA0050

TAK KUNJUNG DIBETON, WARGA GORO BUAT JALAN SETAPAK

Author : Prima PAGARALAM, LhL – Warga kampung depan SMAN 3, Jalan Poros Tebing Tinggi-Pendopo, …

[Slideshow "iklan-mati-5" not found]
[Slideshow "slider-9" not found]
error: Content is protected !!