Home / Kec. Lahat / TAMAN WISATA TEPIAN AYEK LEMATANG BUTUH PERHATIAN KHUSUS
IMG-20180926-WA0053

TAMAN WISATA TEPIAN AYEK LEMATANG BUTUH PERHATIAN KHUSUS

Author : Ferdy

LAHAT, LhL – Taman Wisata (Tepian Ayek Lematang) di Kabupaten Lahat ini tepatnya di wilayah Desa Muara Siban dan Desa Selawi Kabupaten Lahat Miris, karena kurangnya perhatian dari Pemerintah Kabupaten Lahat dalam pengelolaanya.

Hendri, ketua pengurus Taman Wisata (Tepian Ayek Lematang) saat di kunjungi awak media di lokasi taman Rabu, 26/09/18 menurutnya, setelah peroses panjang pembangunan Taman Wisata ini, seakan-akan luput dari perhatian Pemerintah Daerah Kabupaten Lahat yang di mana ini merupakan bagian dari objek wisata baru yang ada di Kabupaten Lahat, yang semestinya menjadi perhatian pemerintah Daerah Kabupaten Lahat dalam hal untuk memajukan tempat-tempat wisata bukan hanya di sini saja, tapi mungkin ada banyak tempat-tempat wisata yang lain yang ada di luar sana di Kabupaten Lahat.

“Dengan harapan, di mana adanya objek-objek wisata seperti ini apabila maju dan berkembang, sehingga dapat menarik minat para pengunjung wisatawan, baik lokal atau mungkin wisatawan manca negara, yang otomatis akan menambah pendapatan daerah dan terlebih bermanfaat bagi warga-warga setempat dan dapat menyerap tenaga kerja. Yang nantinya, warga akan mendapatkan pekerjaan dan penghasilan sehari-hari dari tempat-tempat wisata tersebut, harapnya. Seperti penjaga parkir, keamanan, berjualan dan masih banyak lagi”, tambahnya.

Masih Hendri, di mana dalam hal pengelolaanya, dulu Dinas Pariwisata Kabupaten Lahat melalui PT.MAS yang turut berpartisipasi membantu dalam pembangunan dan pengelolaanya, terlepas bantuan tersebut sampai sejauh ini belum ada pihak-pihak lain yang bersedia membantu kami untuk mengurus dan menjaga taman tersebut.

“Miris  ya, memang miris, pasalnya setelah taman wisata ini diserahkan sepenuhnya ke Pemerintah Daerah Kabupaten Lahat dengan harapan yang terbaik namun justru berbanding terbalik, di mana taman ini sekarang kurang terawat, terbengkalai dan tidak diperhatikan. Kendati begitu, kami akan terus menjaga dan merawat taman tersebut dan kedepanya berharap ada pihak-pihak yang mau membantu kami”, papar dia.

Karena seperti yang sudah dilakukan, piohaknya meminta bantuan ke perusahaan ada yang memberi dan ada yang tidak. Kalau mereka mebantu okelah, kalau tidak, lalu siapa yang akan membantu.

“Terlebih, kami di hadapkan dengan banyaknya permasalahan-permasalahan yang lain sperti kurangnya rasa memiliki warga sekitar akan taman wisata tersebut”, ungkapnya.

Di mana, tambahnya, batu-batu hilang di sekitar taman karena diambil dan di buang ke sungai.Belum lagi, mereka yang datang merusak gentong-gentong sampah yang terpasang di pinggir-pinggir jalan tersebut, sehingga sampah berserakan.

“Dan hal-hal lain yaitu kurangnya kesadaran pengunjung taman, yang dengan sengaja membuang sampah sembarangan sehingga mengotori lingkungan taman tersebut. Seperti halnya botol bekas minuman dan kantong plastik makanan”, keluhnya saat dibincangi awak media.

Eldy dan Khusnul, dari sekian banyak pengunjung taman pada Rabu, (26/09/18) menuturkan, ia dan teman-temanya sering datang ke sini hanya untuk duduk-duduk dan bersantai saja.

“Tapi sayangnya ada fasilitas yang kurang memadai, sehingga kalau di siang hari seperti ini sangat lah panas, keluhnya.

Untuk itu, tambahnya, pihak pengelolah taman seharusnya memfasilitasi pengunjung dengan fasilitas-fasilitas umum, seperti tempat-tempat ibadah, WC umum dan tempat duduknya yang tidak langsung terpapar sinar matahari, mungkin seperti halnya pondok-pondokan.

“Kami sangat senang, dengan adanya tempat-tempat wisata sperti ini dengan fasilitas yang cukup dan memadai, nantinya banyak pengunjung baik di dalam kota maupun dari luar kota, dan ke depanya Kota Lahat akan di kenal luas oleh wisatawan, harapnya.

Editor : Zadi

Lihat Lainnya

IMG-20181015-WA0029

4 KALI BERTURUT-TURUT LAHAT RAIH PIAGAM OPINI WTP

Author : Nur LAHAT, LhL – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lahat kembali menerima piagam opini …

[Slideshow "iklan-mati-5" not found]
[Slideshow "slider-9" not found]
error: Content is protected !!