Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Merapi Barat / BAWASLU LAHAT IMBAU CALEG ZONA 2 PATUHI ATURAN MAIN

BAWASLU LAHAT IMBAU CALEG ZONA 2 PATUHI ATURAN MAIN

# Tidak Lakukan Pelanggaran Terstruktur

Author : Man

LAHAT, LhL – Guna mewujudkan pelaksanaan Pileg (Pemilihan Legislatif), DPD dan Pilpres bulan April 2019 mendatang Bawaslu Kabupaten Lahat melalui Panwascam Merapi Barat (MB-red) mengimbau, khususnya Timses dan Caleg dapil 2 agar tidak melakukan pelanggaran dalam berkampanye. Sukses pelaksanaan Demokrasi membutuhkan dukungan banyak pihak sehingga hal yang tidak diinginkan pasca Pemilu tidak terjadi.

PhotoGrid_1537852526786

Ketua Bawaslu Kabupaten Lahat Andra Juarsyah, M. Pd melalui Ketua Panwascam MB, Eva Meitrianie, SE disampaikan Kordiv HPP (Hukum Penindakan Pelanggaran) Parman, S. Pd mengatakan, pasca penetapan DCT (Daftar Calon Tetap) anggota Legislatif 2019 oleh KPUD Lahat, maka tahapan kampanye sudah dimulai.

Karenanya, kata dia, khususnya Caleg Dapil 2 harus dapat mematuhi aturan yang belaku dan tidak melakukan pelanggaran terstruktur agar setiap tahapan dapat berjalan dengan kondusif. Saat ini kabupaten Lahat tercatat sebagai salah satu daerah rawan dengan skors IKP (Indeks Kerawanan Pemilu) 100,00.

Baca Juga   MARWAN MANSYUR HADIRI PESTA RAKYAT DI TANJUNG TELANG

“Kita tidak ingin pesta Demokrasi Pileg, DPD dan Pilpres di Kabupaten Lahat, khususnya Dapil 2 tercoreng akibat ulah oknun Timses dan Caleg yang tidak suportif dan menghalalkan segala cara untuk menang,” ujarnya.

Dijelaskan Parman,S. Pd, ada beberapa point yang wajiba dipatuhi oleh para timses maupun Caleg seperti tidak melakukan money Politik (Uang diatas Rp 25.ribu-red), Berkampanye didalam masjid, memasang APK (Alat Peraga Kampanye) ditempat terlarang, seperti areal sekolah, lingkungan pemerintahan, jalan protokol dan tempat terlarang lainnya. Bawaslu Kecamatan Merapi Barat juga akan terbuka bagi masyarakat Zona 2, khususnya timses yang ingin berkonsultasi mengenai hal yang boleh dilakukan maupun yang dilarang dalam setiap tahapan kampanye.

Baca Juga   CIK UJANG MELAYAT KE RUMAH WARGA TANJUNG TELANG

“Caleg juga dilarang untuk kampanye diluar zona yang ditetap kan oleh KPU, hal ini bertujuan agar indikasi pelanggaran dapat dicegah dan masyarakat bisa memilih wakil yang amanah tanpa adanya politik uang dan hal lain yang menciderai demokrasi,”imbuhnya

Tidak hanya itu, para timses dan Caleg juga diimbau agar tidak melalukan politik SARA serta melakukan Black Campaign melalui Medsos (Media Sosial) untuk menjatuhkan lawan politik karen jika terbukti terjadi pelanggaran maka akan ada sanksi hukum yang berlaku.

“Panwascam MB sangat mengharapkan, agar para Timses dan Caleg menjauhi pelanggaran, sampaikan Visi dan Misi yang baik kepada masyarakat dari pada mengiming-imingi dengan sesuatu yang akhirnya membuat ricuh,” pungkasnya.

Editor : Zadi

Check Also

Wabup Buka Kegiatan Pembinaan Kecamatan Kelurahan dan Desa Layak Anak

Author : Ujang MERAPI BARAT, LhL – Bertempat di ruang pertemuan Kantor Camat Merapi Barat, …

SMM Panel

APK

Jasa SEO

error: Content is protected !!