Home / Kec. Tanjung Sakti Pumi / CIPTAKAN LINGKUNGAN BERSIH, SEDIAKAN TONG SAMPAH
IMG-20180914-WA0004

CIPTAKAN LINGKUNGAN BERSIH, SEDIAKAN TONG SAMPAH

Author : Ivi Hamzah

TANJUNG SAKTI PUMI, LhL – Untuk menjaga lingkungan bersih dari tumpukan sampah, Desa Pajar Bulan Kecamatan Tanjung Sakti Pumi menyiapkan 300 tong sampah untuk memudahkan warga membuang sampah setiap harinya.

Adapun inisiatif untuk membuat Tong sampah tersebut, karena seringnya warga membuang sampahnya ke sungai Manna dan pinggiran desa. Oleh sebab itu hasil dari musyawarah desa Dana Desa (DD) tahun 2018 selain dialokasikan ke pembangunan Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL) dan Tembok Penahan Tanah (TPT) dianggarkan ke tong sampah. Pernyataan tersebut dikatakan oleh Juni, Kepala Desa Pajar Bulan Kecamatan Tanjung Sakti Pumi.

IMG-20180914-WA0005

“Untuk menjaga kebersihan lingkungan, maka kita siapkan tong sampah dibeberapa titik pembuangan sampah seperti didepan rumah warga, sekolah, dan kantor pemerintahan desa Pajar bulan,” terangnya pada Jumat (14-09-18).

Apabila tong sampah sudah terisi lanjut Kades, nantinya akan dibuang ke TPA yang telah disiapkan seluas 1 hektar.

“Kita sudah siapkan lahan seluas satu hektar yang jauh dari desa, dan memudahkan kita untuk membakar sampah nantinya. Semoga program bersih lingkungan ini bisa diikuti oleh desa desa lainnya,” tambah Juni.

Program bersih lingkungan yang dilakukan oleh Kepala Desa Pajar Bulan ini, disambut baik oleh masyarakat. Seperti dikatakan Darman, dengan adanya tong sampah di setiap pekarangan rumah warga akan menyadarkan warga untuk tidak lagi membuang sampah sembarangan. Karena menurutnya volume sampah setiap harinya semakin bertambah dan apabila masyarakat membuang sampahnya dipinggiran desa atau ke sungai sudah pasti akan mencemari sungai dan lingkungan.

“Kami sangat menyambut baik dengan adanya tong sampah ini, semoga akan menjadikan lingkungan desa Pajar bulan bersih dari tumpukan sampah dan terhindar dari penyakit yang menyebar dari sampah. Dan akan menyadarkan masyarakat untuk membuang sampah sembarangan,” pungkasnya.

Editor : Zadi

Lihat Lainnya

IMG-20180823-WA0035

HARGA AYAM MERAH MEROKET, WARGA TASTI MENGELUH

Author : Debbi TANJUNG SAKTI, LhL – Memasuki H+1 moment Hari Raya Idul Adha, hari …

[Slideshow "iklan-mati-5" not found]
[Slideshow "slider-9" not found]
error: Content is protected !!