Home / Kec. Merapi Timur / WARGA GEDUNG AGUNG TANGKAP IKAN BERSAMA DI TEBAT SERAME
IMG-20180819-WA0005

WARGA GEDUNG AGUNG TANGKAP IKAN BERSAMA DI TEBAT SERAME

Author : Hendry/Karel

MERAPI TIMUR, LhL – Ribuan warga datangi Tebat Lempaung Desa Gedung Agung Kecamatan Merapi Timur Kabupaten Lahat, Minggu (19/08/18). Kedatangan warga ini turun ke Tebat (kolam) yang luas sekitar 3 hektare untuk panen ikan bersama.

Hadir dalam panen bersama ini Wakil Bupati Lahat Marwan Mansyur, SH, MM, Kabid Obyek Wisata Saidina Amin, Tokoh Pariwisata dan Budaya Lahat Mario Andramartik, Kades dan perangkat desa juga turut hadir dalam panen ikan bersama. 

Hingga berita ini diturunkan, warga masih nampak sibuk menangkap ikan di Tebat (kolam) bersama. Berbagai macam peralatan yang dibawa seperti jaring, jala, serok (sesauk), kinjar dan peralatan lainnya juga turut dibawa untuk memudahkan menangkap ikan.

Lukman ketua BPD Desa Gedung Agung mengatakan, tangkap ikan (panen bersama) sudah menjadi tradisi yang dilakukan warga Desa Gedung Agung setiap 2 tahun sekali. Tebat ini milik pedusunan alias milik bersama ikan ikan yang ada di tebat sengaja dipelihara.

“Sebelumnya sekitar satu tahun empat bulan lalu, Wakil Bupati Lahat Marwan Mansyur, sebelumnya pernah sebar bibit ikan sekitar 10 ribu ekor. Alhamdulillah pada panen bersama ini beliau juga turut hadir untuk menyaksikan tangkap ikan atau panen bersama,” ungkapnya.

Masih kata dia, panen ikan bersama bisa terlaksana atas bantuan beliau juga, dirinya juga memberi apresiasi, karena selain menyumbang bibit ikan beliau juga turut hadir dan menyaksikan panen bersama dan sosok seperti beliau lah patut untuk diacungi jempol selain baik hati beliau perhatian pada rakyat.

“Saya bersyukur dan berterimakasih kepada beliau yang sudah membantu dan dapat hadir langsung ditengah tengah masyarakat. Pak Marwan datang bersama anggota, merupakan suatu kehormatan bagi kami warga Desa Gedung Agung,” Lukman.

Sementara itu, penggiat Pariwisata dan Ketua Panoramic of Lahat berharap, kegiatan ini bisa diselenggarakan setiap satu tahun atau dua tahun sekali.

“Kedepannya, mudah mudahan tradisi ini dapat bertahan dan dapat diselenggarakan setiap tahunnya, apalagi panen bersama ini masih bersamaan, dalam rangka memperingati HUT RI ke-73 dan bulan haji idul adha jadi momen ini terasa sangat pas sekali,” ungkap Mario.

Disisi lain, Wakil Bupati Lahat Marwan Mansyur menuturkan, dirinya sangat mengapresiasi acara tradisi tahunan tangkap ikan bersama. Aset yang sudah ada ini agar dikelola dan dikembangkan lebih maju lagi, imbasnya bisa menuju desa wisata yang akan dikunjungi banyak orang dari berbagai desa atau daerah. Hasilnya, bisa mengangkat perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan warga setempat.

“Kegiatan ini diharapkan terus berlanjut dan kedepannya bisa menjadi aset pariwisata Kabupaten Lahat. Dengan begitu bisa menumbuhkan perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan warga desa. Mari kita tingkatkan kegemaran makan ikan, selain murah harganya, ikan terbukti banyak mengandung protein dan gizi,” ajaknya.

Editor : Zadi

Lihat Lainnya

Screenshot_2018-11-03-11-28-06_com.whatsapp_1541219361611

PT BSP DAN PUSKESMAS MERAPI TIMUR CEGAH PENYAKIT RUBELAH

Author : Karel MERAPI TIMUR, LhL – Penyakit rubela dan kaki gajah, berkembang pesat di …

[Slideshow "iklan-mati-5" not found]
[Slideshow "slider-9" not found]
error: Content is protected !!