Home / Kec. Merapi Timur / IBU IBU DEMO TONGKRONGI SIWAY STASIUN BANJARSARI
IMG-20180726-WA0027

IBU IBU DEMO TONGKRONGI SIWAY STASIUN BANJARSARI

Author : Hendry/Karel
MERAPI TIMUR, LhL – Puluhan warga datangi pintu masuk Siway Stasiun Banjarsari Desa Arahan Kecamatan Merapi Timur Kabupaten Lahat, diperkirakan ada sekitar 100 pendemo yang datangi dan menutup akses jalur masuk angkutan batu bara. Pendemo yang sebagian besar ibu dan remaja ini menuntut kompensasi dampak dari debu yang diakibatkan oleh perusahaan PT. BME, PT. KALOG, PT. GGB, PT. RUBS dan PT. KAI. 
“Kedatangan kami kesini untuk meminta kebijakan dari pihak perusahaan yang beroperasi di wilayah ini, agar memperhatikan warga sekitar karena rumah warga sudah dipenuhi debu yang diakibatkan oleh perusahaan yang beroperasi dan kami minta pihak perusahaan jangan diam saja. Paling tidak ada konpensasi debu dan periksa kesehatan untuk warga,” Ungkap Sulastriyono selaku warga, Kamis (26/07/18). 
Tadinya sebelum ada perusahaan ini berdiri, kata dia, debu tidak ada yang sampai masuk kedalam rumah. Tapi setelah perusahaan ini beroperasi debu bertaburan dimana mana hingga masuk ke dalam rumah. Paling menjengkelkan lagi debunya penuhi ruang tamu hingga menempel di meja makan, kalau debu ini dibiarkan akan dapat menimbulkan penyakit bagi warga. 
“Kami berkumpul disini tidak lain hanyalah untuk meminta kebijakan dari pihak perusahaan agar peduli kepada warga dan memberikan konpensasinya,” harapnya.
Menyikapi hal ini, Kamil dari organisasi Wira Lentera Jiwa (WLJ) Dewan Kordiniator Daerah (DKD) Sumsel menuturkan, dirinya berada disini untuk memonitor kegiatan ibu ibu yang sedang melakukan aksi demo. Dalam hal ini warga meminta agar perusahaan memberikan konpensasi debu yang diakibatkan oleh perusahaan batu bara yang beroperasi dan itu hal yang wajar. 
 
“Kami berharap kepada pihak perusahaan agar dapat memberikan konpensasinya kepada warga. Dan jika tidak di perdulikan oleh perusahaan kami akan mengajukan rekomendasi ke Dewan Kordinator Nasional WLJ pusat untuk di tembuskan ke presiden,” jelasnya. 
 
Saat aksi demo berlangsung pihak perusahaan belum ada yang menanggapi aksi ini, setelah menunggu sekian lama terlihat pihak perusahaan dari PT. RUBS datang ke lokasi. Ketika melihat salah satu pihak perusahaan yang hadir (PT. RUBS) awak media langsung menghampiri dan bertanya tentang aksi demo ini. 
“Saat dikonfirmasi tentang perihal aksi demo ini pihak perusahaan (PT. RUBS) enggan memberikan jawaban dan dia bilang Sebentar… Sebentar… Sebentar…,” ungkap Manurung sembari berlalu meninggalkan awak media. 
Editor : Zadi

Lihat Lainnya

IMG_20180917_154648

CAMAT AJAK KADES BEKERJA DENGAN BAIK SESUAI ATURAN

Author : Hendry MERAPI TIMUR, LhL – Peran aktif Kepala Desa, perangkat desa dan masyarakat …

[Slideshow "iklan-mati-5" not found]
[Slideshow "slider-9" not found]
error: Content is protected !!