Home / REGIONAL / PAGAR ALAM / SELAIN MEMBAKAR HUTAN, SIJAGO MERAH LALAP KABEL LISTRIK

SELAIN MEMBAKAR HUTAN, SIJAGO MERAH LALAP KABEL LISTRIK

Author : Repi Black
PAGARALAM, LhL – Telah terjadi kebakaran hutan di kelurahan Perau Depo,  Dusun Muara Tenang Kecamatan Dempo Selatan. Diduga  hutan yang dibakar oleh orang yang tak bertanggung jawab diperkirakan terjadi pada  pukul 18:00 wib, tepat pada hari Jumat (20-07-18). 
Awal api ditemukan oleh seseorang yang melaporkan bahwa ada api dipinggir jalan lintas yang sedang membumbung tinggi hingga menyambar kabel penghubung listrik PLN,   Kemudian masyarakat Muara Tenang Rt 09 mulai mendatangi tempat titik api yang dilokasi.  
Lurah Perau Depo Bapak Sopian, setelah mendapatkan informasi dari Pak Bakri, Ketua Rt 09 Miling Rejo.
“Kita dapat telpon dari pak Rt, memberi tahu bahwa ada kebakaran di pinggir jalan, tepatnya dari Muara Tenang ke arah panorama lematang indah, kemudian kami bergegas dan memberi tahu pihak dinas kebakaran,” ujar Lurah saat dikonfirmasi dilokasi kejadian.
Ketika ditanya awal mula kebakaran, Sopian menuturkan,  bahwa Ia dan masyarakat melihat api sudah besar, kronologis api berasal Ia kurang tahu.
“Kita tidak tahu persis api dari mana, tiba tiba api sudah besar hingga membakar kabel listrik diatas jalan. Kami sangat menyayangkan kalau ada orang yang sengaja membakar hutan, karena itu sangat merusak dan membahayakan. Seperti yang kita lihat saat ini, akhirnya Kecamatan Dempo Selatan gelap gulita karena kabelnya terbakar,” terangnya.
Pantauan awak media dilokasi, masyarakat tak bisa berbuat apa apa karena titik api berada di tebing, sehinggah api dengan mudahnya memakan lahan yang kering, dan pada akhirnya setelah setengah jam lebih masyarakat menunggu mobil pemadam kebakaran dari Kota Pagar alam, berhasil datang dan langsung memadamkan api. Dengan dua unit Mobil Damkar dari kota Pagar alam diturunkan akhirnya api berhasil dipadamkan. 
IMG-20180720-WA0045
Usai api dipadamkan, disisi lain Jusman SE, Camat Dempo Selatan menghimbau pada masyarakat, di musim kemarau seperti saat ini agar berhati hati dengan api, baik itu dirumah atau di kebun. Ia menyayangkan kalau ada orang yang sengaja membakar lahan ini, karena diatas lahan tersebut banyak kebun karet dan kopi milik warga, beruntung api  berhasil dipadamkan sebelum menjalar lebih jauh.
“Kita harus waspada pada saat kemarau seperti ini, jangan main main dengan api, apalagi dengan sengaja membakar hutan,” pungkasnya.
Editor : Zadi 
Baca Juga  RUTAN CABANG PAGARALAM "DISERBU" MASSA

Check Also

Ambil Berkas, Alpian Askoni Pastikan Maju di Pilwako Pagaralam

Author : Toni Ramadhani PAGARALAM, LhL – Serius dan tidak main-main dalam menentukan sikap disertai …

SMM Panel

APK

Jasa SEO