Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Mulak Ulu / BANGUN SPAL, DD SENGKUANG BERDAYAKAN KAUM HAWA

BANGUN SPAL, DD SENGKUANG BERDAYAKAN KAUM HAWA

Author : Ivi Hamzah

MULAK ULU, LhL – Pembangunan sarana dan prasarana umum yang menggunakan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2018 di setiap desa mulai dilaksanakan disetiap desa. Hal serupa, juga dilakukan di Desa Sengkuang Kecamatan Mulak Ulu Kabupaten Lahat pada hari ini, Rabu (18-07-18).

Dana Desa yang digelontorkan Pemerintah Pusat untuk tahun anggaran 2018 di desa ini sebesar 600 juta lebih. Dana ini, dimanfaatkan oleh masyarakat Desa Sengkuang untuk membangun Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL) yang sesuai dengan kesepakatan dalam Musyawarah Desa (Musdes) jauh sebelumnya.

Dikatakan Efriadi, selaku Kepala Desa Sengkuang, bahwa dana untuk tahun 2018 khusus fisik dialokasikan pada pembuatan SPAL. Sedangkan untuk Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), itu dialokasikan pada perlengkapan pelaminan. Jadi, hari ini Ia dan masyarakat melakukan Titik Nol sekaligus pembagian untuk bekerja.

Baca Juga  TENAGA AHLI (TA) KROSCEK DANA DESA

“Dana Desa kita bangunkan pada pembuatan SPAL dalam desa, dengan panjang 800 Meter, Tinggi 40 Cm, Lebar 80 Cm. Dan sebagian lagi masuk ke Bumdes,” urainya saat dimintai keterangan dilapangan.

Dalam pengerjaan fisik ini, lanjut Kades, Ia melibatkan semua masyarakat desa untuk bekerja.

“Untuk pengerjaan Spal tidak harus dilakukan kaum laki laki, kaum ibu ibu juga kami libatkan agar dana desa ini sama sama mengetahui dan mengawasi,”terangnya.

Baca Juga  Tampung Aspirasi Rakyat, Dewan Reses di Daerah Pemilihan III

Pantauan awak media di lapangan, memang benar kaum ibu ibu ikut bekerja dalam pembuatan Spal, uang bertugas sebagai pengangkutan material ke lokasi.

Marhina, sala satu pekerja menuturkan bahwa Ia dan kaum perempuan lainnya ikut berpartisipasi dalam membangun desa.

“Kami bagian pengangkutan material ke lokasi, seperti mengangkut batu dan pasir yang menggunakan lori, sedangkan bapak bapak bagian tukang,” jelasnya.

Marhina pun menucapkan terima kasih pada Pemerintahan Puast dan desa, yang selama ini selalu melibatkan kaum ibu ibu dalam pengerjaan pembangunan desa.

“Intinye kami ni dapat lokak, dengan adenye dana desa dalam pembangunan desa,” tutupnya.

Editor : Zadi

Check Also

Pipa Sardi Anggota DPRD Provinsi Sumsel Reses di Mulak Ulu dan Kota Agung

Author : Ivi Hamzah MULAK ULU, LhL – Bertempat di halaman rumah pribadi Pipa Sardi …

SMM Panel

APK

Jasa SEO