Home / Kec. Lahat / PERINGATI HARI LAHIR PANCASILA PEMKAB LAHAT GELAR UPACARA BERSAMA
IMG_20180604_080259_HDR

PERINGATI HARI LAHIR PANCASILA PEMKAB LAHAT GELAR UPACARA BERSAMA

Author : Ganda coy

LAHAT, LhL – Pemerintahan Daerah Kabupaten Lahat menyelenggarakan Upacara bersama dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila tahun 2018, dengan mengusung tema “Melalui peringatan hari lahir Pancasila kita sukseskan Pilkada serentak dan Asian Gemes XVIII tahun 2018”. Upacara dimulai pukul 08.00 WIB, yang dilakukan dihalaman Pemkab Lahat. Senin 04/06/18.

IMG_20180604_080525_HDR

Upacara tersebut diikuti oleh Porli, TNI, jajaran Pemerintahan Daerah Kabupaten Lahat, Pelajar, Mahasiswa, Pol PP, Dinas Perhubungan, Ormas Pemuda Pancasila (PP) dan Ormas KNPI.

Rangkaian upacara diawali dengan pengibaran Bendera Merah Putih dan diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, mengheningkan cipta, diikuti pembacaan teks Pancasila, Pembukaan UUD NRI 1945, amanat, menyanyikan Lagu Mars Pancasila dan ditutup dengan pembacaan doa.

Bertindak sebagai pembina upacara langsung dipimpin oleh Plt Bupati Lahat Marwan Mansyur SH,MM, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan amanat Presiden Republik Indonesia oleh pembina upacara, yang mana dalam amanatnya menuturkan sungguh Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha , melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia. Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945, kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945.

“Para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan. Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar Negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.”ucapnya.

Lanjutnya rangkaian proses besar tersebut harus selalu di ingat, dalami semangatnya dan  pahami rohnya. Adalah tugas dan tanggung jawab Bangsa Indonesia untuk memastikan bahwa Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran. 

“Ada peringatan Hari Lahir Pancasila di tahun 2018 ini, kita harus meneguhkan semangat kita untuk bersatu, berbagi dan berprestasi.”terangnya.

Editor : Zadi

Lihat Lainnya

IMG_20180924_105254

KETUA PENGADILAN NEGERI LAHAT ALIH TUGAS

Author : Ganda Coy LAHAT, LhL – Hari ini Senin 24/09/18, Pengadilan Negeri (PN) Kabupaten …

[Slideshow "iklan-mati-5" not found]
[Slideshow "slider-9" not found]
error: Content is protected !!