Home / BERITA REGIONAL / PLN : ADA TIGA KECAMATAN YANG RAWAN GANGGUAN LISTRIK
IMG-20180516-WA0069_1

PLN : ADA TIGA KECAMATAN YANG RAWAN GANGGUAN LISTRIK

Laporan : Dedi S

GEMAS, MUARA ENIM – Tiga kecamatan di Semende, yakni Semende Darat Ulu (SDU), Semende Darat Tengah (SDT) dan Semende Darat Laut (SDL), Kabupaten Muara Enim disebut rawan terjadi gangguan listrik, sehingga sering terjadi pemadaman listrik dibandingkan dengan kecamatan lainnya.

Menurut Manager PLN Rayon Muara Enim, Randhy Kusriansyah, gangguan listrik kerap terjadi di wilayah ini karena secara geografis tiga kecamatan di Semende berada di perbukitan dan banyak pohon yang dapat menggangu jaringan listrik yang dialiri melalui kabel.

“Wilayah Semende rawan terjadi pohon tumbang, soalnya daerah itu juga rawan longsor karena kawasan perbukitan,” jelasnya, Rabu(15/5/2018)

Namun selain wilayah Semende, Randhy juga menambahkan, bahwa daerah yang juga rawan gangguan seperti dari Tanjung Enim ke Tanjung Agung, dan daerah Muara Gula ke Desa Pinang Belarik.

“Untuk daerah ini, gangguang sering terjadi karena ranting pohon yang menempel ke bentangan kabel listrik serta gangguan hewan liar seperti moyet,” ulasnya.

Guna mengantisipasi seringnya terjadi gangguan listrik, pihaknya kata Randhy, rutin melaksanakan bakti penyulang, yakni pemampasan ranting pohon yang sudah mendekati bentangan kabel.

“Jarak ranting pohon dengan kabel listrik itu minimal lima meter. Semakin dekat ranting pohon ke kabel, maka potensi terjadi gangguan semakin besar,” sebut dia.

Untuk itu, dirinya meminta kerja sama masyarakat yang memiliki lahan/kebun agar mengizinkan petugasnya melakukan pemampasan ranting pohon yang dianggap telah mendekati kabel listrik.

“Hal ini supaya potensi gangguan akibat ranting pohon dapat diantisipasi,” pungkasnya.

Editor : Riadi

Lihat Lainnya

IMG-20181117-WA0015

CALON ANGGOTA DPD RI GELAR MANCING BERSAMA

Author : Imam MUARAENIM, LhL – Calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah DPR RI H Taufik …

[Slideshow "iklan-mati-5" not found]
[Slideshow "slider-9" not found]
error: Content is protected !!