Home / Kec. Merapi Timur / PTBA GALI MASALAH DAMPAK DAN POTENSI RING SATU
IMG-20180425-WA0007

PTBA GALI MASALAH DAMPAK DAN POTENSI RING SATU

” DENGAN MELAKUKAN SOCIAL MAPPING “

Author : Karel

Merapi Timur, LhL – Team Social Mapping Perusahaan Tambang Batu Bara Bukit Asam PTBA Tanjung Enim, hari ini Rabu (25/4/18) melakukan sosialisasi Social Mapping di Desa Sirah Pulau, Kecamatan Merapi Timur, Kabupaten Lahat.

Sosialisasi yang dihadiri Kepala Desa yang diwakili Sekretaris Desa dan warga ini, juga di mempertemukan masyarakat dengan team CSR PT. Bukit Asam Tanjung Enim Tbk, di balai Desa Sirah Pulau.

Tampak di lokasi, sejumlah warga menyampaikan uneg-uneg yang selama ini, sudah disampaikan oleh mereka (Masyarakat) sejak tahun 1992. Namun hingga kini tahun 2018, masih belum juga terealisasi.

Menrut Sapril salah seorang tokoh masyarakat kepada team sosial mapping PTBA, kepedulian PTBA selama ini masih dinilai masih nol besar terhadap warga Desa Sirah Pulau.

“Terutama tentang tenaga kerja, kepedulian terhadap masyarakat dan ekonomi”, katanya.

Hal senada juga disampaikan oleh Emran, selaku BPD setempat. Menurut dia, adanya pemindahan Daerah Aliran Sungai (DAS) ini diduga tidak prosedur, berpotensi menyebabkan perubahan peta desa.

“Nah inilah yang menyebabkan timbulnya konflik perbatasan”, sebut Emran.

Aspirasi yang disampaikan warga ini, sambung dia, yang paling utama penanggulangan banjir yang berasal dari Sungai Telong.

“Sebab kerap kali warga mengeluhkan dampak dari banjir, rumah kotor, tanaman mati dan muncul penyakit gatal-gatal”, imbuhnya.

Tak hanya itu, Heri warga lainnya juga menyampaikan, bahwa lahan yang sudah tidak lagi dimanfaatkan oleh PTBA, agar untuk di kembalikan ke masyarakat.

“Ya harus dikembalikan lagi kalau sudah tidak lagi dimanfaatkan PTBA, khususnya di wilayah Desa Sirah Pulau”, pinta Heri.

Menyikapi keluhan masyarakat ini, salah satu perwakilan team Mapping PTBA, Joni Iskandar juga akan menyampaikan hasil dari pertemuan ini ke manajement PTBA.

“Akan kita sambungkan persoalan-persoalan yang ada di masyarakat ini ke pembahasan team kebijakan PTBA”, tanggapnya.

Editor : Zadi

Lihat Lainnya

PhotoGrid_1526404741729

TABRAKAN L300 VS VEGA, 2 PENGENDARA MOTOR TERKAPAR

Author : Karel MERAPI TIMUR, LhL – Telah terjadi tabrakan antara mobil L300 Fick Up …

[Slideshow "iklan-mati-5" not found]
[Slideshow "slider-9" not found]
error: Content is protected !!