Home / REGIONAL / MUARA ENIM / UNBK SMK SEDANG BERLANGSUNG

UNBK SMK SEDANG BERLANGSUNG

Laporan : Dedi Gemas

MUARAENIM, LhL – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMK mulai dilaksanakan hari ini Senin (2/4/2018) hingga Kamis (5/4/2018) mendatang. Di kabupaten Muaraenim, UNBK yang diikuti 2.605 siswa dari 17 sekolah.

Pantauan dilapangan, tepatnya di SMK Negeri 1 Muaraenim UNBK dilaksanakan dalam tiga sesi. Pada sesi pertama ujian dimulai pada pukul 07.30- 09.30, Sesi kedua dimulai pukul 10.30- 12.30 dan sesi terakhir dimulai pukul 14.00- 16.00.

Terlihat ada tujuh laboratorium komputer yang digunakan sebagai ruangan ujian bagi siswa. Masing-masing laboratorium berisi 25 komputer yang sudah terhubung ke internet. Di SMKN 1 Muaraenim sendiri total ada 419 siswa dari tiga sekolah yang mengikuti UNBK. Masing-masing 386 siswa SMKN 1 Muaraenim, 27 siswa SMK Serasan dan 7 siswa SMK Handayani.

Baca Juga  SEBANYAK 50 ANGGOTA PASKIBRAKA DIKUKUHKAN

Kepala SMKN 1 Muaraenim, Misniati yang juga Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kabupaten Muaraenim, mengatakan ada empat mata pelajaran yang diujikan pada UNBK tingkat SMK. Yakni Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Teori Kejuruan.

Untuk soal ujian, diunduh saat UNBK akan dimulai. “Hal ini untuk menjaga integritas dan kejujuran siswa, sehingga kemungkinan untuk berbuat curang sangat kecil bahkan hampir tidak ada,” kata Misniati, Selasa (3/4/2018).

Peserta ujian, lanjutnya, diberikan waktu 120 menit untuk menjawab soal dengan bentuk multiple choice (pilihan ganda). Untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris ada 50 soal, sedangkan untuk Matematika dan Teori Kejuruan ada 40 soal. “Khusus untuk Matematika, selain pilihan ganda ada juga soal essay,” ujarnya.

Baca Juga  MINTA HUJAN, PEMERINTAH DAN MASYARAKAT HELAT SHALAT ISTISQA

Dikatakannya, UNBK tahun ini sama seperti di tahun sebelumnya. Hanya saja, pada Prosedur Operasional Standar (POS) UN 2018, tidak melibatkan kepolisian untuk pengamanan. “Di POS UN, tidak ada lagi pengamanan, karena soal diunduh saat ujian dimulai. Namun jika sekolah yang ujiannya menggunakan kertas dan pensil, pengamanan untuk soal dan jawaban masih ada,” tutupnya.

 

Editor : Zadi

Check Also

Awali Safari Ramadhan, Ketua DPC PKB Muara Enim Gelar Open House

Author : Darmudin MUARA ENIM, LhL – Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa …

SMM Panel

APK

Jasa SEO